Cara Pulihkan Akun WhatsApp, Facebook, Instagram yang Dibajak - Halaman 2

Cara Pulihkan Akun WhatsApp, Facebook, Instagram yang Dibajak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 07 Jul 2021 06:15 WIB
Womens hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.
Cara Mengembalikan Akun WhatsApp, Facebook dan Instagram yang Dibajak Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa

- Cara mengembalikan akun Facebook yang dibajak

Akun Facebook yang dibajak bisa berbahaya, apalagi jika kalian menggunakan akun itu untuk login di situs lainnya. Berikut ini cara memulihkan akun Facebook yang dibajak.

Pertama, kalian harus melaporkan kejadian tersebut di halaman http://www.facebook.com/hacked. Kemudian isi laporan dengan alamat email dan nomor telepon yang digunakan saat mendaftarkan akun Facebook.

Setelah dilaporkan, akun Facebook kalian mungkin tidak bisa diakses selama beberapa saat. Hal ini wajar dan kalian tidak perlu khawatir.

Selama proses verifikasi data oleh Facebook, kalian akan diminta untuk mengirimkan kartu identitas pribadi seperti KTP atau SIM. Jika akun kalian berhasil dikembalikan, Facebook akan mengirimkan notifikasi lewat email.

- Cara mengembalikan akun Instagram yang dibajak

Langkah mengembalikan akun Instagram yang dibajak mirip seperti di Facebook. Pertama, kalian harus melaporkannya di halaman help.instagram.com.

Setelah laporannya diserahkan, akun kalian mungkin akan terlihat hilang. Tidak perlu khawatir karena ini merupakan salah satu langkah Instagram untuk memastikan kalau akun kalian benar-benar dibajak.

Instagram kemudian akan mengirimkan email yang meminta kalian untuk mengisi formulir dan menyertakan kartu identitas, seperti KTP. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu 4-7 hari, dan Instagram akan memberikan konfirmasi lewat email jika akun berhasil dipulihkan.

- Cara menghindari pembajakan akun media sosial

Nah, langkah-langkah di atas merupakan cara lengkap untuk mengembalikan akun WhatsApp, Facebook dan Instagram yang dibajak. Tapi ada baiknya kalau kalian menerapkan cara pencegahan agar tidak menjadi korban pembajakan ke depannya.

Agar terhindar dari pembajakan akun, jangan pernah bagikan kode aktivasi atau kode OTP kepada siapapun. Yang paling penting, jangan lupa aktifkan verifikasi dua langkah atau autentikasi dua faktor sebagai bentuk pengamanan ganda.

Selain itu, pastikan aplikasi yang kalian instal aman dan tidak mengandung malware pencuri data. Jika menerima telepon atau SMS yang mencurigakan, jangan bagikan informasi pribadi kalian.

(vmp/afr)