2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Mengompres Lewat HP

2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Mengompres Lewat HP

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 20:40 WIB
Ilustrasi smartphone
Foto: Image by rawpixel.com
Jakarta -

Untuk pengurusan dokumen atau pendaftaran apapun, kita suka diminta melampirkan foto. Masalahnya, ukurannya suka berbeda dengan persyaratan. Solusinya adalah edit sendiri.

Di masa sekarang ini, jelang tahun ajaran baru. Para orangtua sibuk dengan kegiatan daftar ulang, atau pendaftaran siswa baru di jenjang yang lebih tinggi.

Sementara untuk masyarakat umum, ada saja kegiatan perpanjangan dokumen atau pengurusan dan pendaftaran baru untuk keperluan apapun. Di masa PPKM darurat, tentu semua dilakukan online dengan data-data digital.

Biasanya, dari seabrek persyaratan itu, ada permintaan mengirimkan foto, baik itu pas foto, atau lampiran dokumen yang mesti difoto. Nah, disinilah kadang ada masalah.

Misalnya saja, diminta ukuran tertentu tidak boleh melebihi sekian MB atau bahkan ratusan kilo bytes saja. Kalau gadget kita terbatas, jangan khawatir, dihimpun detkINET dari berbagai sumber, Kamis (1/7/20210 kita bisa mengecilkan ukuran foto atau mengompresnya lewat HP.

1. Cara mengecilkan ukuran foto dari website khusus

Mengompres foto secara online memakai website khusus, terbilang paling mudah karena kalian tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan melalui ponsel.

Untuk mengompres foto secara online hal pertama yang harus kalian lakukan adalah buka situs https://imagecompressor.com/id/ lewat browser pilihan. Klik opsi Unggah File yang ada di tengah layar dan pilih foto yang ingin kalian kompres. Atau kalian juga bisa drag-and-drop foto langsung dari file manager ke browser.

Kalian bisa mengompres hingga 20 foto sekaligus. Foto yang sudah kalian pilih akan otomatis diunggah dan dikompres. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai.

Setelah proses ini selesai, kalian bisa langsung mengunduh foto yang sudah dikompres. Tapi jika kalian ingin merasa ukurannya masih tidak sesuai keinginan, kalian bisa scroll ke bawah dan mengubah level kompresinya.

Kalian akan melihat dua versi foto yaitu yang belum dikompres dan yang sudah. Di sebelahnya terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa kalian naikkan atau turunkan sesuai keinginan.

Jika ukurannya sudah sesuai dengan keinginan kalian, klik Unduh Semua untuk mengunduh foto-foto kalian ke PC atau ponsel.

Halaman selanjutnya: Memakai aplikasi Android...



Simak Video "WhatsApp Akan Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]