7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui - Halaman 2

ADVERTISEMENT

7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 16:45 WIB
People are seen as silhouettes as they check mobile devices whilst standing against an illuminated wall bearing WhatsApp Incs logo in this arranged photograph in London, U.K., on Tuesday, Jan. 5, 2016. WhatsApp Inc. offers a cross-platform mobile messaging application that allows users to exchange messages. Photographer: Chris Ratcliffe/Bloomberg via Getty Images
7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui Foto: Chris Ratcliffe/Bloomberg

4. Pakai beberapa akun WhatsApp di satu PC

Saat ini pengguna WhatsApp di ponsel hanya bisa mengakses satu akun di satu aplikasi. Padahal tidak jarang ada pengguna WhatsApp yang menjalankan beberapa akun sekaligus.

Jika ingin mengakses dua akun sekaligus di WhatsApp Web kalian tidak bisa hanya membuka dua tab yang berbeda lalu login secara terpisah. Untuk bisa mengakses dua akun WhatsApp yang berbeda di Web, kalian harus membuka mode incognito atau browser lain.

Misalnya, kalian sudah membuka akun WhatsApp A di Google Chrome. Untuk membuka akun WhatsApp B, kalian cukup membuka mode incognito lalu login seperti biasa.

Tapi dalam mode incognito, kalian hanya bisa menggunakan WhatsApp Web selama satu jam sebelum dikeluarkan secara otomatis. Alternatifnya, kalian bisa membuka browser lain, misalnya Firefox atau Opera, dan login ke akun WhatsApp kedua lewat browser itu.

5. Baca pesan tanpa notifikasi centang biru

Pengguna WhatsApp yang ingin membuka pesan tanpa ketahuan harus mematikan read receipts atau laporan dibaca terlebih dahulu. Tapi di WhatsApp Web ada cara yang lebih mudah tanpa harus mematikan read receipts.

Jika kalian sedang berbincang dengan seseorang di WhatsApp Web tanpa memperlihatkan tanda centang biru, lakukan langkah berikut:

  • Buka chat di WhatsApp Web
  • Buka jendela program lain, misalnya File Explorer, di komputer dan ubah ukurannya agar kalian btetap bisa melihat WhatsApp Web di latar belakang. Atau kalian juga bisa membuka dua aplikasi ini secara berdampingan.
  • Klik jendela baru itu dan jaga agar kursornya tetap ada di sana. Ini merupakan langkah yang penting karena komputer berpikir kalau kalian sedang membuka jendela lain.
  • Saat menerima pesan di WhatsApp Web, kalian tetap bisa membaca pesan itu seperti biasa tapi si pengirim pesan tidak akan melihat centang biru. Dengan cara ini mereka hanya melihat centang abu-abu yang artinya pesan sudah diterima tapi belum dibaca.

6. Ubah format pesan

Kadang kalian butuh mengubah format pesan untuk menekankan isinya, misalnya dengan mengubah teks menjadi lebih tebal atau miring. Selain jalan pintas keyboard di atas, WhatsApp Web juga memiliki jalan pintas untuk mengubah format teks, yaitu:

  • Bold: tempatkan tanda bintang (*) di kedua sisi teks
  • Italic: tempatkan tanda underscore (_) di kedua sisi teks
  • Strikethrough atau garis coret: tempatkan tanda tilde (~) di kedua sisi teks


7. Kirim file dengan drag and drop

Mengirimkan file lampiran lewat WhatsApp bisa dilakukan dengan mengklik ikon penjepit kertas lalu pilih dokumen. Tapi ternyata ada cara yang lebih mudah yaitu hanya dengan drag and drop.

Caranya buka folder tempat file yang ingin dikirimkan, lalu buka chat di WhatsApp Web. Setelah itu cukup klik dan geser file yang akan dikirimkan dari folder ke chat di WhatsApp Web. Mudah bukan?

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT