5 Tips Lebaran Seru Walau Lewat Online, Quiz Jangan Ketinggalan!

5 Tips Lebaran Seru Walau Lewat Online, Quiz Jangan Ketinggalan!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 13 Mei 2021 14:30 WIB
Asian business woman talking to colleague team about plan in video conference. Group of multiethnic business people using computer for online meeting in video call conference. Smart working from home.
Ilustrasi lebaran bersama keluarga secara online atau virtual. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis
Jakarta -

Terpisah oleh jarak memang menyedihkan, tetapi kita tetap bisa menjalin silaturahmi dengan keluarga saat Idul Fitri melalui kegiatan online. Apalagi sejak pandemi melanda, ada beberapa di antara detikers yang terpaksa untuk berjauhan hingga mau tidak mau silaturahmi harus dilakukan secara virtual.

Nah, supaya makin seru, detikers membagikan tipsnya untuk kamu supaya supaya kegiatan silaturahmi dengan keluarga secara online dapat terselenggara dengan baik dan dapat menjadi sarana untuk melepas rindu.

1. Selenggarakan quiz

Sudah umum untuk membuat room secara online untuk meeting keluarga. Agar berbeda dan suasananya makin menyenangkan, ajak keluarga untuk bermain quiz bersama contohnya Kahoot!. Kamu bisa menampilkan quiz melalui fitur berbagi layar dan biarkan anggota keluarga yang lain berpartisipasi dalam lomba tersebut. Siapa yang menang, berhak mendapatkan hadiah.

Apa hadiahnya? Bisa berupa paket berisi hadiah rahasia yang dikirimkan ke alamat pemenang atau saldo dompet digital OVO/GoPay.

2. Foto bersama tapi...

Kamu tetap bisa berfoto memakai baju seragam di room meeting online. Selain itu, supaya makin menyenangkan, kamu dan saudaramu yang lain bisa mendesain background untuk dipakai saat sesi foto bersama.

3. Sesi wejangan online

Selalu ada orang tua yang dihormati dan kerap memberikan wejangan terbaik saat lebaran. Persilakan kepada mereka waktu dan tempat untuk memberikan wejangan dan pesan-pesan menyentuh lainnya yang sering didapatkan begitu bertemu langsung. Hitung-hitung sebagai alternatif kebiasaan sungkem yang terhalang karena tidak bisa mudik.

4. Live bersama

Ada berbagai platform yang bisa digunakan antara lain Instagram Live (IG Live), Facebook Live, atau YouTube Live. Kamu bisa menunjukkan situasi lebaran di rumah sembari melakukan tanya jawab yang dihadiri oleh sanak saudara secara virtual.

5. Bikin video keluarga ala-ala

Contohnya adalah challenge berupa video bersambung yang dikumpulkan dari semua saudara. Video yang dikumpulkan ini kemudian diedit menjadi satu video. Kamu bisa membagikan hasilnya di YouTube atau group khusus keluarga setelah hasil editing keluar. Lumayan, kenang-kenangan bersama keluarga pada lebaran tahun ini tetap ada.



Simak Video "Potret Warga Semarang Halal Bihalal dengan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)