3 Inspirasi Buat Cerita Pendek dalam Format Video di TikTok

3 Inspirasi Buat Cerita Pendek dalam Format Video di TikTok

Yudistira Imandiar - detikInet
Senin, 12 Apr 2021 17:05 WIB
Logo TikTok
Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Video cerita pendek menjadi salah satu konten populer di TikTok. Video pendek dari kreator TikTok biasanya memiliki format yang berisi POV (Point of View) dari karakter utama, pencampuran shot-length.

Plot cerita yang dibuat cukup lengkap. Ada pembuka, klimaks dan penutupnya. Tambahan musik dan suara latar semakin memperkuat suasana cerita yang dibangun.

Ada beberapa konten video yang dapat menjadi inspirasi bagi kreator yang ingin menonjolkan visual storytelling dalam konten video TikToknya. Berikut ulasannya.

1. Memanfaatkan Efek di TikTok

Pada salah satu videonya, kreator @janineintasari memanfaatkan skill makeup-nya untuk membuat cerita bagaimana seorang gadis periang yang lugu diculik, dan dijadikan boneka hidup. Meskipun tanpa dialog, efek makeup yang dihasilkan Janine, serta musik latar yang mencekam, berhasil membuat penonton merinding melihat video ini. Video ini sempat viral di berbagai platform digital, hingga menjadikan kreator beauty ini sebagai salah satu Rising Creator di TikTok pada akhir tahun lalu.

TikTokFoto: TikTok

2. Fitur Duet untuk Mengasah Kemampuan Akting

Buat kamu yang ingin jadi aktor film, kamu bisa menggunakan fitur challenge Duet. Kamu bisa memberikan atau menerima tantangan kreator lain untuk beradu akting. Seperti yang dilakukan oleh kreator @yasminjml yang gemar menjawab duet akting challenge dari Chris Barnett, aktor luar negeri yang aktif membuat konten akting di TikTok.

Melalui akunnya, Yasmin menunjukkan bakat aktingnya dengan memainkan berbagai peran, seperti kembang desa asal Amerika, hingga penyihir di dunia dongeng. Kamu bisa coba fitur ini, siapa tahu bakat akting kamu bisa dilirik oleh sutradara film terkenal.

TikTokFoto: TikTok

3. Film Pendek Vertikal 'X&Y'

Untuk mengeksplorasi konten visual storytelling, TikTok Indonesia meluncurkan film pendek vertikal yang berjudul 'X&Y', berkolaborasi dengan Studio Antelope. Film X&Y karya sutradara Jason Iskandar ini bercerita mengenai cerita romansa tentang Omar, merepresentasikan sumbu Y, yang memendam rasa kepada Winda, si sumbu X yang ternyata mempunyai langkah ke arah yang berbeda.

TikTokFoto: TikTok

Seperti film X&Y, menggunakan cerita yang dekat dan berkaitan dengan pengguna juga dapat menjadi salah satu cara untuk membuat visual storytelling lebih menarik dan mampu merangkul lebih banyak audiens.

"Sebagai rumah dari kreativitas, TikTok senang sekali melihat bagaimana platform ini dimanfaatkan kreator untuk mengembangkan bakat dan aspirasinya, termasuk untuk mengeksplor visual storytelling," kata Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra dalam keterangan tertulis Senin (12/4/2021).

"Dengan hadirnya film X&Y ini juga, kami berharap dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk mengeksplor fitur-fitur di TikTok untuk storytelling sekaligus memberikan wadah bagi para kreator berbakat untuk membangun karir mereka di dunia entertainment di Indonesia," sambung Angga.

Film X&Y yang dibagi dalam enam chapter ini dapat ditonton di akun TikTok resmi tiktokofficialindonesia. Selain itu, pengguna TikTok juga diajak untuk ikut berpartisipasi dalam beragam kegiatan dan challenge yang menarik di aplikasi TikTok.

(akn/fay)