Cara Agar Video TikTok Masuk FYP dan Viral

Cara Agar Video TikTok Masuk FYP dan Viral

 Valerie Augustine Budianto - detikInet
Minggu, 04 Apr 2021 21:30 WIB
Logo TikTok
Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

TikTok jadi aplikasi yang makin banyak dipakai orang. Ini caranya supaya video kamu masuk kolom For Your Page (FYP) dan viral.

Siapa yang tidak kenal aplikasi TikTok? Aplikasi ini telah menjadi candu bagi para penggunanya dengan adanya kolom FYP. Kolom ini menjadi sasaran Tiktokers yang ingin videonya menjadi trending dan viral.

FYP atau For You Page adalah halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang berisi deretan video yang sedang populer. Namun sayangnya, tidak semua video bisa muncul di kolom tersebut.

Dihimpun detikINET, Minggu (4/4/2021) ini tips yang bisa kamu coba.

Cara video TikTok masuk FYP:

  1. Gunakan hashtag yang relevan
    Tips pertama agar video kamu masuk FYP adalah dengan menggunakan hashtag yang sedang trending. Hal ini dapat ditemukan pada menu 'discover'. Menggunakan hashtag sangat memungkinkan suatu konten video masuk ke kolom FYP dan berpotensi untuk dilihat oleh orang yang tidak mengikuti kamu. Namun tidak berarti dengan masuk FYP kontenmu bisa langsung trending. Hashtag yang digunakan tetap harus relevan dengan video TikTok-mu.
  2. Ikuti tren dan challenge
    Hal ini tidak kalah penting karena dengan mengikuti challenge, dapat meningkatkan traffic dan follower kamu. Pada menu 'discover' kamu dapat melihat tren dan challenge apa yang sedang populer. Semakin sering kamu mengikuti tren dan challenge, maka kemungkinan video TikTok-mu menjadi viral akan semakin besar.
  3. Gunakan lagu yang sedang populer
    Cara ini sangat efektif agar video kamu muncul pada kolom FYP. Namun, jangan sekadar memasukkan lagu tanpa diedit, pastikan ada keselarasan antara tempo lagu dengan video kamu (on beat).
  4. Konten yang berkualitas
    Mengingat durasi video yang dapat diunggah relatif singkat, pastikan kamu mengemas apa yang ingin kamu tampilkan dalam durasi yang ditentukan. Hal ini penting agar viewers menonton videonya hingga akhir, bahkan mengulangi dan membagikannya kepada yang lain. Bagi para pemula, disarankan untuk membuat konten dengan durasi terpendek (15 detik).
  5. Upload video di jam ramai
    Kunci viralnya suatu video adalah membuat sebuah konten berkualitas untuk orang yang tepat dan diunggah di waktu yang tepat. Oleh karena itu, langkah terakhir yang paling krusial adalah mengunggah konten video TikTok di jam-jam yang paling ramai. Adapun prime time pengguna TikTok di Indonesia adalah siang hari pukul 12.00-13.00, sore hari pukul 16.00-17.00, dan malam hari pukul 19.00-23.00.



Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)