5 Tips Agar HP Tidak Lag

5 Tips Agar HP Tidak Lag

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 24 Nov 2020 22:35 WIB
Happy Asian woman laughing while lying on the bed using smartphone mobile at home
Tips hp tidak ngelag. Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid
Jakarta -

Di era pandemi COVID-19, smartphone menjadi hal yang dibutuhkan dalam berkegiatan mulai dari sekolah sampai bekerja. Karenanya, performa HP tetap harus dijaga supaya tetap prima dan tidak ngelag.

Aryo Meidianto PR Manager Oppo Indonesia membagikan tipsnya di sela 'AJI Fellowship bersama Maverick Batch 2', Selasa (24/11/2020). Yuk disimak bersama.

Tips agar HP tidak nge-lag:

1. Rajin bersihkan file

Aryo mengatakan poin pertama adalah rutin membersihkan file yang tidak berguna.

"Kadang banyak files nggak berguna, ada Google Files bisa diklik ada clear cache. Terkadang tanpa sadar ada sampah digital yang tidak terpakai dan makan ruang, sekalipun sudah memakai kartu memori tambahan," jelasnya.

2. Sisakan 30% kapasitas internal

Nah, berikutnya adalah hal yang paling sering terlupakan. Aryo menyarankan untuk menyisakan sebanyak 30% kapasitas internal untuk memperlancar sistem operasi (OS) sehingga tidak mengganggu. Jangan lupa pula untuk selalu mengupdate software dan aplikasi-aplikasi yang ada.

3. Pastikan RAM cukup

Pastikan juga RAM memadai. Ada baiknya begitu menginstall app yang ingin dijalankan, lakukan pembersihan RAM yang tidak kita gunakan.

4. Simpan data di Cloud

File masih penuh juga di HP? Simpan data di cloud. Google Drive sendiri memberikan space hingga 15 GB yang bisa digunakan secara gratis. Berlangganan cloud juga bisa digunakan untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang semakin banyak.

5. Charge baterai HP jangan tunggu 0%

Terakhir tapi tidak kalah penting adalah pentingnya menjaga kesehatan baterai smartphone milik kamu. Aryo pun membagikan kesalahpahaman yang kerap terjadi ketika berkaitan soal baterai smartphone.

"Kadang terjadi kesalahpahaman biar maksimal harus mematikan HP atau menunggu 0%, jangan teman-teman. Langsung isi kalau sudah 20% atau 10% karena membangkitkan sel itu butuh power yang banyak. Kalau tidak, ini yang akhirnya jadi masalah misalnya HP-nya nyalanya lama, keisinya lama. Biasakanlah baterai 10% sudah melakukan pengisian daya," tandasnya.



Simak Video "OPPO Reno4 Hadirkan Fitur Trendy Kamera Ponsel Masa Kini"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)