Cara Scan Pakai HP iPhone dan Android, Tak Perlu Pakai Scanner

Cara Scan Pakai HP iPhone dan Android, Tak Perlu Pakai Scanner

Lusiana Mustinda - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 19:20 WIB
Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.
Foto: iStock
Jakarta -

Cara scan pakai HP melalui iPhone dan Android ternyata mudah. Scan dokumen adalah proses memindai dokumen untuk dijadikan sebagai data digital. Sedangkan scanner dokumen adalah sebuah alat untuk scan dokumen. Scanner dapat melakukan scanning dokumen dalam jumlah banyak dan berkelanjutan (untuk tipe ADF).

Anda tak perlu lagi menggunakan alat scanner khusus yang berukuran besar. Dengan memanfaatkan teknologi handphone, kini scan dokumen pun jauh lebih mudah dan praktis.

Hanya saja, scan dengan HP memerlukan aplikasi khusus. Dengan aplikasi tertentu, tidak hanya bisa scan dokumen, tetapi juga dapat mengubah format dokumen menjadi PDF ataupun JPG.

Cara Scan Pakai HP iPhone

iOS 11 telah menambahkan fitur scanner ke Notes. Ini beberapa langkah scan dokumen dengan iPhone:

1. Buka Notes
2. Klik ikon kotak dengan pensil di dalamnya untuk membuat catatan baru.
3. Klik lingkaran dengan tanda (+) di dalamnya.
4. Di menu tersebut klik lagi lingkaran dengan tanda (+) di dalamnya.
5. Pilih Scan Documents.
6. Posisikan kamera ponsel Anda di atas dokumen yang akan discan. Notes akan secara otomatis fokus dan mengambil gambar dokumen Anda. Selain itu, Anda dapat mengontrolnya secara manual dan disesuaikan dengan kebutuhan.
7. Setelah melakukan scan, Anda dapat meninjau daftar dokumen yang scan dalam Notes. Jika perlu, Anda juga dapat melakukan koreksi seperti memotong gambar atau memutar gambar sesuai yang Anda inginkan.
8. Setelah selesai, klik Done di sudut kiri atas untuk menyimpan scan yang disesuaikan secara otomatis.


Cara Scan Pakai HP Android

Bagi Anda yang menggunakan HP Android seperti Samsung, Vivo ataupun Oppo bisa menggunakan cara ini untuk scan dokumen. Dengan menggunakan aplikasi CamScanner, scan dokumen pun menjadi lebih mudah. Ini langkahnya:

1. Unduh aplikasi di Play Store bernama CamScanner.
2. CamScanner akan memberikan opsi Register dan Skip. Pilih skip jika tak ingin mendaftar.
3. Siapkan dokumen yang ingin di scan, misalnya diletakkan di atas meja.
4. Klik ikon kamera yang terletak di pojok kanan bawah atau seluruh dokumen bisa ditampilkan di layar aplikasi Camscanner. Klik ikon kamera untuk mulai men-scan dokumen.
5. Lalu, dokumen hasil scan dapat diputar ke kiri atau kanan dan disesuaikan ukurannya. Klik next jika tak ada yang ingin diubah.
6. Pilih mode warna atau filter yang tersedia jika dibutuhkan. Ada juga pilihan warna hitam putih jika diperlukan ataupun original. Klik save untuk melanjutkan.
7. Klik share di pojok kanan atas untuk menyimpan.
8. Dan klik ikon PDF untuk melanjutkan lalu tap tombol share untuk menyimpannya di ponsel atau membagikan dokumen yang telah di scan ke WhatsApp ataupun media sosial lainnya.

Itulah beberapa cara scan pakai hp dengan menggunakan aplikasi yang mudah digunakan.



Simak Video "Amazon One, Saat Bayar Belanjaan Cukup dengan Scan Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)