Trik Foto Malam Hari Anti-gagal Pakai Ponsel

Trik Foto Malam Hari Anti-gagal Pakai Ponsel

Nurcholis Maarif - detikInet
Jumat, 02 Okt 2020 17:29 WIB
Foto malam
Trik foto malam hari anti-gagal (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Fotografi malam hari dengan ponsel punya tantangan yang sulit. Mulai dari cahaya yang redup, kontras yang ekstrem, hingga noise yang bakal muncul. Namun bukan berarti hal itu tak bisa menghasilkan foto ciamik, asal tahu triknya.

Penggemar mobile photography tetap bisa menghasilkan gambar malam hari yang indah, kreatif, hingga surealis. Namun, ada beberapa trik yang harus dilakukan biar fotografi ponsel malam harinya anti-gagal seperti dilansir eyeem.

Long Exposure

Cara mengakali pemotretan dalam cahaya redup dengan kamera film atau DSLR ialah mengakali shutter speed untuk mendapat long exposure. Saat ini kamera ponsel pada umumnya sudah punya pengaturan shutter speed. Cukup gunakan mode manual atau profesional.

Gulirkan pengaturan yang biasanya ditandai dengan huruf S. Kecepatan shutter speed diukur dengan satuan detik. Misal 1/1000 untuk rana cepat, dan 1s, atau 3s untuk rana lambat.

Jaga Kestabilan Ponsel

Penggunaan tripod atau alat lainnya sangat disarankan agar ponsel tetap stabil saat memotret. Sebab untuk mencegah keburaman gerakan (blur) dan mendapat foto yang tajam dibutuhkan waktu lebih lama.

Kondisi cahaya yang redup membuat sistem kamera menggunakan shutter speed rendah. Sedangkan semakin rendah shutter speed akan rentan terhadap guncangan.

Menggunakan Flash

Trik lainnya untuk mendapatkan foto yang jelas dan terang saat minim cahaya adalah dengan memanfaatkan flash. Kamera ponsel sudah dilengkapi dengan fitur ini. Hanya saja pencahayaan pada foto tak akan merata. Bisa saja menjadi over lighting atau terlalu terang.

Sedikit tips, cobalah letakkan tisu atau kertas di atas flash untuk memperhalus cahaya. Bisa juga gunakan filter warna untuk memberikan kesan berbeda.

Gunakan Sumber Cahaya di Sekitar

Senter, lampu motor, dan sumber cahaya lain di malam hari bisa jadi tambahan sumber cahaya untuk mengambil foto. Jangan membatasi diri hanya karena malam hari yang gelap. Kamu juga bisa berkreasi dengan objek-objek di sekitarnya.

Manfaatkan Backlighting

Malam hari dapat menjadi waktu untuk menemukan situasi pencahayaan yang ekstrim, dan cahaya latar hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan efek visual yang kreatif. Tangkap siluet di depan jendela toko, lampu jalan, atau di mana pun lampu bersinar dengan nyaman di belakang subjek foto.

Selain itu, gunakan juga ponsel yang mumpuni untuk mendapatkan hasil fotografi malam hari yang ciamik, seperti Samsung Galaxy S20 FE. Sebab ponsel ini sudah dibekali fitur Bright Night.

Samsung Galaxy S20 FESamsung Galaxy S20 FE Foto: Samsung

Fitur ini menghadirkan tangkapan foto menawan di kondisi minim cahaya. Mengandalkan resolusi kamera yang besar dan teknologi AI terkini. Sensor kamera Galaxy S20 FE akan menyerap cahaya dengan maksimal untuk mengambil gambar yang cerah dan detail di malam hari atau dalam ruangan minim cahaya. Kamera akan mengambil beberapa gambar dan memprosesnya menjadi satu gambar dengan hasil terbaik.

Tiga set kamera dilekatkan Samsung di punggung Galaxy S20 FE. Masing-masing kamera tersebut, yakni 12 MP Ultra Wide Camera, 12 MP Wide-angle Camera, dan 8 MP Telephoto Camera. Di bagian depan, tersemat kamera selfie 32 MP yang tersemat dalam punch hole minimalis.

Sederet fitur diberikan Samsung untuk memoles hasil tangkapan kamera Galaxy S20 FE. Fitur-fitur tersebut menjadi pendukung dalam membuat konten digital. Samsung Galaxy S20 FE juga dibekali 30x Space Zoom.

Fitur ini memadukan kombinasi 3x Optical Zoom dan 30x Super Resolution Zoom, serta teknologi AI untuk memproses gambar menjadi lebih halus. Space Zoom akan membantu menangkap foto dari jarak jauh tanpa kehilangan detailnya. Kamu akan terbantu dengan fitur ini untuk menangkap momen-momen berharga, sekalipun tak bisa mendekat ke objek foto.

Perangkat ini dibanderol Rp Rp 9.900.000 dan Samsung Indonesia sudah membuka pre-order hingga 9 Oktober nanti. Pemesanan tahap awal bisa memperoleh bonus Galaxy Fit2, wireless charger, clear view smart cover, dan akses YouTube Premium selama empat bulan. Selengkapnya bisa cek di sini.



Simak Video "4 HP Baru Samsung yang Dipasarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)