Cara Legal Download Video dari YouTube

Cara Legal Download Video dari YouTube

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 19 Jul 2020 07:39 WIB
download video youtube
Cara download video di YouTube. Foto: iStock
Jakarta -

Banyaknya video menarik di YouTube dan mungkin membuat kamu ingin mendownload video tersebut. Nah, detikINET akan membagikan caranya untuk kalian semua.

Paling mudah adalah menjadi YouTube Premium. Ketika sudah menjadi subscriber YouTube Premium, salah satu manfaatnya adalah bisa mendownload video YouTube untuk ditonton secara offline, sebagaimana dikutip dari Mashable.

Tapi ada juga batasan seperti download hanya tersedia pada perangkat mobile dan video hanya tersimpan aplikasi YouTube. Selain itu, video juga bertahan hanya beberapa waktu hingga subscription habis.

Sebenarnya, ada sejumlah layanan pihak ketiga yang menawarkan fungsi untuk mengunduh video dari YouTube. Namun perlu diingat, ini adalah hal yang ilegal, dan YouTube sudah memaparkan legalitas hal ini dalam laman 'Term of Service-nya'.

"Anda tidak boleh mengunduh konten apa pun kecuali anda melihat ada tombol 'download' atau tautan sejenisnya yang ditampilkan oleh YouTube pada konten tersebut," jelas YouTube di laman tersebut.

Dalam sejarahnya, YouTube memang belum pernah menggugat orang yang mengunduh konten dari situsnya. Namun bukan berarti hal ini membuat konten video dari YouTube bisa seenaknya diunduh.

Terus bagaimana kalau mau mendownload video YouTube yang sudah pernah kamu unggah sendiri? Caranya begini:

1. Klik foto profil pada pojok kanan laman YouTube

2. Pilih 'Studio'

3. Kamu bisa mendownload video kamu dari menu tiga titik yang ada di sebelahnya.



Simak Video "YouTube Bakal Hentikan Fitur Kontribusi Komunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)