Ingin Coba Android 11 Beta? Ini Cara Updatenya

Ingin Coba Android 11 Beta? Ini Cara Updatenya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 11 Jun 2020 15:34 WIB
Android 11 Developer Preview
Ingin Coba Android 11 Beta? Ini Cara Updatenya Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google akhirnya merilis Android 11 Beta untuk publik setelah melewati masa developer preview. Buat kalian yang punya ponsel yang memenuhi syarat, bisa mencoba sistem operasi ini untuk melihat-lihat fitur barunya.

Sebelum menjajal Android 11 Beta, pastikan ponsel kalian telah memenuhi syarat. Saat ini ponsel yang mendukung Android 11 Beta adalah Pixel 2, 2 XL, 3, 3 XL, 3A, 3A XL, 4 dan 4 XL. Oppo juga akan merilis Andorid 11 Beta lewat ColorOS untuk Find X2 dan Find X2 Pro pada bulan ini.

Dengan update resmi ini, kalian tidak perlu repot-repot flashing ponsel kalian atau menggunakan Android Flash Tool. Cukup daftarkan ponsel kalian dan hanya dalam beberapa klik kalian akan bisa menginstal Android 11 Beta di ponsel.

Perlu diingat juga bahwa walau sistem operasi ini telah tersedia untuk publik, versi beta ini masih belum selesai karena fungsi utamanya untuk membantu developer menguji aplikasinya. Karena itu, Android 11 yang kalian coba mungkin tidak akan semulus versi akhirnya yang meluncur dalam beberapa bulan ke depan.

Dengan mengupdate sistem operasi yang masih dalam tahap beta juga kemungkinan bisa menyebabkan beberapa masalah mulai dari aplikasi yang tidak berfungsi, performa baterai yang menurun hingga data yang menghilang.

Untuk lebih amannya, lebih baik jangan update Android 11 Beta di ponsel daily driver kalian. Jadi pastikan data di ponsel telah di-backup di cloud dan selalu berhati-hati.

Berikut cara update Android 11 Beta yang dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (11/6/2020).

Lewat ponsel apapun yang telah terhubung dengan akun Google kalian, kunjungi situs Android 11 beta di sini untuk mendaftarkan ponsel kalian yang telah memenuhi syarat.

Klik 'view your eligible devices' untuk melihat jika ponsel kalian telah memenuhi syarat. Lalu klik 'enroll' yang ada di bawah ponsel kalian.

Setelah mendaftarkan ponsel, kalian akan mendapatkan notifikasi yang mengatakan software telah siap untuk diinstal. Jika belum kunjung mendapatkan, cek secara manual dengan membuka Settings lalu System > System Update > Check for Update untuk melihat jika software baru telah bisa diunduh.

Jika tidak ada muncul apa-apa, harap menunggu lebih lama. Dari kasus sebelumnya, notifikasi update ini kadang membutuhkan waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah ponsel didaftarkan.

Jika sudah mendapatkan notifikasi, download update tersebut dan ponsel kalian akan memulai proses instalasi untuk Android 11 Beta. Setelah proses instalasi selesai, Android 11 Beta siap untuk dijajal di ponsel kalian.



Simak Video "Rayakan Ultah ke-22, Google Tampilkan Doodle Pembatasan Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)