Cara Ubah Ponsel Android Jadi Webcam

Cara Ubah Ponsel Android Jadi Webcam

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 02 Jun 2020 22:11 WIB
SAN FRANCISCO, CA - SEPTEMBER 29:  An attendee inspects the new Nexus 5X phone during a Google media event on September 29, 2015 in San Francisco, California. Google unveiled its 2015 smartphone lineup, the Nexus 5x and Nexus 6P, the new Chromecast and new Android 6.0 Marshmallow software features.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Ilustrasi ponsel Android. (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Keadaan di tengah pandemi COVID-19 ini mengubah kebiasaan masyarakat, dari meeting offline menjadi serba lewat video conference. Webcam pun kadang dibutuhkan, tapi buat apa beli kalau kamu punya ponsel Android yang nganggur di rumah?

Jika kamu menggunakan PC yang menjalankan Windows dan kamu memakai ponsel Android, salah satu metode termudah dan nirkabel adalah menggunakan aplikasi DroidCam. Berikut ini langkahnya mengutip Wired:

1. Unduh aplikasi dari Google Play Store di ponsel Anda. Ponsel kamu harus menjalankan Android 5.0 atau lebih tinggi. Untuk memeriksa, buka Pengaturan> Tentang Telepon> versi Android

2. Unduh Windows client (http://www.dev47apps.com/droidcam/windows/) di PC lalu ikuti instruksi pemasangan

3. Setelah muncul ikon DroidCamApp di desktop, klik dua kali untuk membukanya. Buka aplikasi di ponsel Android juga. Pastikan desktop dan ponsel terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Namun, ini juga berfungsi jika desktop terhubung melalui ethernet.

4. Pada aplikasi Android, kamu akan melihat beberapa angka setelah WiFi IP dan DroidCam Port. Masukkan angka-angka ke PC yang tertulis 'Device IP' dan 'DroidCam Port'. Pastikan Video dan Audio dicentang. Tekan 'Start'.

5. Kemudian, buka pengaturan aplikasi video conference dan ubah input kamera dan mikrofon ke DroidCam dan DroidCam Virtual Audio.

Sudah deh, harusnya kamera dan audio sudah terkoneksi dengan ponsel Android milik kamu. Oh iya, sebagai catatan nih, DroidCam tidak berfungsi dengan aplikasi yang diunduh dari Microsoft Store misalnya Skype.



Simak Video "Ridwan Kamil soal Vaksin Corona: Warga Depok Kami Prioritaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)