Pantau Anak Main TikTok Pakai 'Family Pairing', Begini Caranya

Pantau Anak Main TikTok Pakai 'Family Pairing', Begini Caranya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 20 Apr 2020 17:44 WIB
Logo TikTok
Cara memantau akun TikTok anak lewat 'Family Pairing'. (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Khawatir anak main TikTok tanpa pengawasan? Tenang, kini orangtua bisa langsung terhubung dengan akun yang dimiliki anak lewat fitur 'Family Pairing'.

Donny Eryastha, Head of Public Policy of TikTok Indonesia, Malaysia, and the Philippines menyampaikan platform seperti TikTok makin menjamur. Apalagi ditambah dengan adanya aturan social distancing dan PSBB guna mencegah penularan virus Corona, penggunaan gadget juga bisa lebih lama dari biasanya,

"Dengan mempertimbangkan kebutuhan keluarga ini, kami mengambil sejumlah langkah untuk mengembangkan dan meningkatkan tim, kebijakan, kontrol, serta sumber edukasi kami. Hari ini, kami memperkuat komitmen kami dengan memperkenalkan fitur Family Pairing, dan menerapkan batasan baru untuk fitur Pesan Langsung," kata Donny melalui rilis yang diterima detikINET.

Menariknya, orangtua bisa mengatur seberapa lama waktu yang digunakan untuk bermain TikTok, membatasi siapa yang dapat mengirim pesan ke akun yang terhubung, atau mematikan pesan langsung seluruhnya, serta membatasi konten yang tidak sesuai untuk anak.

Caranya mudah, begini panduannya ya, detikers:

  1. Sentuh pengaturan yang ada pada pojok kanan atas
  2. Pilih 'Digital Wellbeing'
  3. Lanjut dengan opsi 'Family Pairing'
  4. Pilih opsi untuk 'Parent' untuk orangtua dan 'Teen' untuk anak
  5. Scan barcode yang tersedia

Sekarang akun sudah terkoneksi! Jadi nggak was-was lagi kan karena bisa memantau langsung apa yang dilakukan anak di TikTok?



Simak Video "Terekam CCTV, Aktivitas Pria di Jaktim Sebelum Tewas saat Live TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)