Tips Komunikasi WhatsApp Lancar Selama WFH

Tips Komunikasi WhatsApp Lancar Selama WFH

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 16 Apr 2020 17:40 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Tips Komunikasi WhatsApp Lancar Selama WFH. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Masyarakat Indonesia mulai terbiasa menerapkan cara baru berkomunikasi dengan rekan kerja, keluarga, dan orang-orang terdekat selama masa pandemi.

Perubahan situasi ini membuat aplikasi komunikasi seperti WhatsApp semakin diandalkan untuk menghapus jarak dan membangun kedekatan untuk saling memberikan dukungan, berkolaborasi, dan tetap terhubung agar hubungan profesional dan pribadi tetap terjaga baik.

Berikut ini panduan sederhana dari WhatsApp untuk membantu kalian berkomunikasi dengan lancar selama periode work from home (WFH).

Tandai pesan dengan fitur 'bintang' (star)

Ketika bekerja dari rumah, hampir sebagian besar koordinasi tentang kerjaan terjadi di WhatsApp dan bukan tidak mungkin kalian tergabung ke dalam grup WhatsApp baru.

Alhasil, notifikasi di WhatsApp menutupi pesan-pesan yang lebih penting. Nah, tandai pesan-pesan penting yang dikirimkan di grup maupun chat agar mudah menemukannya di kemudian hari.

Caranya, tap dan tahan pesan yang ingin diberi bintang, lalu tap ikon bintang. Gampang kan?

Kalian bisa temukan pesan-pesan berbintang tersebut dengan tap 'opsi lainnya' yang berbentuk tiga titik di kanan layar ponsel, kemudian tap 'pesan berbintang'.

Sematkan chat

Dalam komunikasi sehari-hari di WhatsApp, perhatian kalian terbagi dari satu grup chat dengan grup chat lainnya. Grup kantor mungkin memerlukan respon cepat dari kalian, tetapi di sisi lain kalian juga harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (online learning) anak-anak melalui grup chat khusus orang tua di sekolah.

Menentukan prioritas adalah kuncinya di sini. Fitur sematkan chat memungkinkan untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat.

Jadi, kalian tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja di antara tumpukan chat-chat lainnya.

Untuk pengguna iPhone, geser ke kanan chat yang ingin disematkan, lalu tap 'Sematkan'. Sementara untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin disematkan, lalu tap 'Sematkan chat'.

Jangan khawatir, pesan kalian aman

Mengirim dokumen pekerjaan akan terasa lebih nyaman karena kalian yakin tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat dokumen tersebut. Namun, berbagi file secara online memang bisa ribet dan galau mengirim informasi pribadi di platform online.

Tidak perlu ragu untuk saling berkirim dokumen di WhatsApp, karena pesan terenkripsi secara end-to-end. Artinya, hanya kalian dan orang yang berkomunikasi dengan kalian saja yang dapat membaca pesan yang telah dikirim.

Istirahat sejenak dan sapalah teman

Cobalah menelepon teman atau orang-orang terdekat saat beristirahat atau seusai bekerja untuk sekadar saling sapa dan meringankan pikiran. Kalian juga bisa melakukan panggilan grup hingga total empat orang melalui WhatsApp.

Untuk melakukannya, tinggal membuka chat dengan salah satu kontak yang ingin dihubungi melalui panggilan suara, lalu tap 'Panggilan Suara'.

Setelah kontak tersebut menerima panggilan, tap 'Tambah Peserta'. Kemudian, cari atau pilih kontak lainnya yang ingin ditambahkan ke panggilan.


Selamat bekerja dan jaga diri untuk tetap aman!



Simak Video "Begini Cara Dapatkan Stiker Animasi di WhatsApp!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)