Cara Basmi Virus Corona di Ponsel dengan Aman Tanpa Merusak

Cara Basmi Virus Corona di Ponsel dengan Aman Tanpa Merusak

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 12:46 WIB
ilustrasi ibu bekerja
Cara membersihkan ponsel agar bebas virus corona. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Salah satu tempat yang paling sering menjadi sarang mikroorganisme adalah smartphone. Di tengah wabah Corona, membersihkannya menjadi hal yang sangat penting. Tapi sudah tahukah kamu cara membersihkannya tanpa takut ponsel menjadi rusak?

"Bahkan sebelum pandemi COVID-19, akan mengerikan memikirkan berapa banyak bakteri yang hidup di perangkat pribadi kita. Karena virus Corona bisa bertahan di suhu ruangan dan benda seperti logam, gelas, keramik, dan plastik selama beberapa hari, menjadi penting untuk mengikuti protokol desinfeksi yang efektif," kata Maher Yamout, Senior Security Researcher for the Global Research and Analysis Team di Kaspersky, dikutip dari Africa News.

Virus-virus itu bisa hingga ke ponsel atau tablet dengan dua cara yakni melalui droplets (tetesan kecil air) ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, juga dari tangan kamu sendiri setelah menyentuh pegangan pintu, tombol ATM, dan fasilitas umum lainnya.


"Jika kamu harus pergi ke toko untuk membeli barang-barang penting, kamu harus mendisinfeksi ponsel saat kembali ke rumah. Ada beberapa produk rumah tangga umum yang dapat menangani virus Corona secara efektif - etanol (C2H5OH), isopropil alkohol (C3H7OH), hidrogen peroksida (H2O2), dan natrium hipoklorit (NaClO)," tambah Yamout.

Alkohol isopropil dianggap paling tidak berbahaya bagi lapisan oleophobic. Sementara etanol dan hidrogen peroksida harus dianggap cadangan jika tidak ada lagi yang tersedia karena ketika sering digunakan, produk ini dapat dengan mudah merusak lapisan oleophobic. Bahkan sekali saja mungkin sudah bisa merusak lapisannya.

Adapun konsentrasi yang tepat adalah sekitar 70-80%. Alkohol murni menguap terlalu cepat. Sebagai solusi disinfektan harus didiamkan selama sekitar satu menit. Konsentrasi yang lebih rendah kurang efisien dalam membunuh virus.

Catatan penting, pastikan kamu tidak menuangkan desinfektan ke konektor, speaker, dan celah lainnya di telepon pintar, meskipun itu anti air. Sebaliknya, ambil kapas, rendam dalam cairan, dan oleskan ke semua sisi perangkat. Tidak perlu menekan dengan keras, cukup hati-hati dan sapu bersih seluruh permukaan.

Atau kalau mau simpel, beli saja kit untuk membersihkan ponsel yang sudah tersedia di banyak toko.



Simak Video "Momen Tadarus Al-Qur'an Raksasa di Banyuwangi di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)