Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word Agar Tak Boros Kertas

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word Agar Tak Boros Kertas

Rifqie Putra - detikInet
Minggu, 29 Mar 2020 15:30 WIB
Sejumlah produsen printer saling unjuk gigi dengan menawarkan berbagai fasilitas dan kualitas dalam pameran produk komputer Indocomtech 2012 di JCC Senayan, Jakarta. Produk printer yang dipamerkan dalam pamerjan komputer Indocomtech 2012, antara lain Hewlett-Packard, Epson, Canon, dan Fuji Xerox. File/detikFoto.
Cara Print Bolak-Balik (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Anda sering melakukan pekerjaan dan mencetak pekerjaan dan dokumen pribadi Anda? Terkadang mencetak satu halaman dalam selembar kertas merupakan salah satu pemborosan, oleh karena itu ubah hal tersebut dengan menghemat kertas melalui print bolak-balik.

Di Microsoft Word, Anda bisa melakukan print di dua sisi kertas. Hal ini dapat membantu Anda yang sering harus mencetak puluhan bahkan hingga ratusan halaman untuk keperluan Anda, dengan cara ini kita bisa menghemat sebuah kertas. Cara ini bisa membuat kita berhemat sekalian melestarikan alam kita sendiri.

Untuk melakukan fitur ini, kita harus mengetahui apakah printer kita mendukung kemampuan duplex (bolak-balik) atau tidak. Untuk mengetahuinya kita bisa melihat melalui 3 cara yaitu:

1. via Microsoft Word

Cara mudah untuk mencari tahu adalah membuka Microsoft Word. Kemudian, tekan Print dan cari kotak yang menunjukkan percetakan dua sisi, seperti Double-Sided, 2-Sided atau Duplex. Selalu periksa pengaturan dalam menu Print sebelum Anda mencetak dokumen.

2. Buku Panduan

Jika tidak bisa menemukan menu percetakan duplex di Word, coba lihat spesifikasi printer secara manual di buku panduan. Di situ mungkin ada informasi apakah printer yang digunakan mendukung percetakan dua sisi atau tidak.

3. Internet

Jika Anda masih tidak menemukannya juga, silahkan cari informasi secara daring mengenai spesifikasi dan fitur printer Anda. Caranya cukup kunjungi situs resmi dari merk printer Anda atau mencari melalui Google dengan kata kunci seri printer Anda.

Berikut cara melakukan print bolak-balik dari berbagai sumber:

1. Otomatis

Klik file di halaman utama Word, kemudian klik print yang ada di kolom sebelah kiri layar. Arahkan kursor ke pilihan Print, klik pengaturan di bawah tulisan Pages lalu pilih Print on Both Sides. Jika printer kamu mendukung, maka pilihan ini akan muncul. Selesai mengatur halaman untuk dicetak lalu klik Print dan dokumen akan dicetak secara otomatis dengan format bolak balik.

2. Manual

Masuk ke file pada Word, pilih kolom print dan Manually Print on Both Sides. Di bagian Manually Print on Both Sides, tertulis penjelasan untuk mengisi ulang kertas yang sudah dicetak. Saat ada perintah, taruh kertas bagian belakang yang masih kosong ke dalam printer.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Detikers dalam melakukan print bolak-balik.



Simak Video "Bongkar Karir dan Kehidupan Galabby di Osiap!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)