Ini Tips Gampang Kerja dari Rumah

Ini Tips Gampang Kerja dari Rumah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 22 Mar 2020 18:19 WIB
Tips mudah menerapkan kerja dari mudah dari Google
Foto: Google
Jakarta -

Merebaknya COVID-19, tak sedikit perusahaan yang menerapkan work from home atau kerja dari rumah bagi para pegawainya. Bagi kalian yang masih awam dengan konsep tersebut, tips Google berikut ini bisa kalian manfaatkan.

Google melalui People Analytics telah melakukan penelitian dengan mewancarai 5.000 karyawan dari berbagai perusahaan, untuk mengetahui tantangan yang muncul ketika harus berkolaborasi dengan rekan kerja dengan zona waktu dan lokasi berbeda.

Setelah melakukan studi selama dua tahun, ditemukan bahwa bekerja dari rumah ternyata sama efektifnya dengan bekerja di kantor, meski bicara prosesnya belum tentu mudah atau menyenangkan.

Berikut lima tips untuk kalian yang menjalankan kerja dari rumah:

1. Bicaralah dengan Satu Sama Lain

Memulai dengan percakapan ringan dapat membantu. Walau bekerja di rumah, ciptakanlah peluang untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja seperti saat di kantor.

Mulailah rapat video call dengan pertanyaan ringan yang bersifat personal. Misalnya, "Hei, apa kabar kalian semua?" atau "Ada berita menarik apa nih belakangan ini?"

Pertimbangkan untuk membuat grup chat yang selalu "aktif" untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait pekerjaan, atau sekadar menyampaikan pesan-pesan lucu dan menarik.

2. Pastikan Anda Hadir dan Tetap Menyimak

Ketika bekerja secara virtual, terkadang tanda-tanda kehadiran akan hilang terutama saat kita mematikan mikrofon, atau saat fokus ke layar laptop.

Nyalakanlah mikrofon dan simaklah penjelasan teman-teman satu tim. Anda bisa membalasnya dengan menganggukkan kepala, atau menjawab dengan bergumam seperti "mmmhmm, ya", atau "Wah, ide bagus tuh", itu sudah cukup.

Simpan atau jauhkan ponsel Anda saat sedang konferensi video, kecuali Anda menggunakan ponsel untuk mencatat poin-poin penting.

Pastikan Anda terlihat dengan jelas di layar konferensi video. Zoom wajah Anda hingga terlihat jelas, lakukan kontak mata, dan ekspresikan reaksi Anda dengan jelas.