Cara Membersihkan Semua Jenis Casing Ponsel

Cara Membersihkan Semua Jenis Casing Ponsel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 20 Mar 2020 09:03 WIB
casing iphone dari sampah jok mobil
Cara Membersihkan Semua Jenis Casing Ponsel Foto: The Verge
Jakarta -

Sudah bukan rahasia jika ponsel yang kita pegang sehari-hari bisa dihinggapi banyak kuman dan virus. Bahkan ponsel bisa membawa 10 kali lebih banyak kuman dibanding dudukan toilet.

Di tengah merebaknya wabah virus corona, membersihkan ponsel tentu sudah sering dianjurkan. Tapi jangan lupa untuk membersihkan casing yang melindungi ponsel juga.

Baik itu casing yang terbuat dari plastik, silikon atau kulit, semua memiliki metode pembersihannya sendiri agar tidak merusak bahannya. Berikut cara membersihkan semua jenis casing yang dikutip detikINET dari Mashable, Kamis (19/3/2020).

Plastik

Virus corona bisa bertahan di permukaan plastik hingga sembilan hari. Jadi untuk kalian yang menggunakan casing berbahan plastik keras harus membersihkannya dengan seksama.

Untungnya plastik merupakan material yang cukup tangguh, jadi bisa dibersihkan dengan pembersih yang sedikit keras seperti pemutih. Tapi jika kalian merasa tidak nyaman menggunkan pemutih, bisa gunakan instruksi untuk membersihkan casing silikon di bawah.

Untuk membersihkan casing ponsel plastik, siapkan pemutih, air, spons/kain/sikat gigi, dan sarung tangan. Pemutih bisa membuat kulit dan paru-paru iritasi, jadi gunakan sarung tangan dan buka jendela agar sirkulasi udara optimal.

Campur satu sendok makan pemutih ke dalam satu cangkir air. Rendam casing di dalam larutan tersebut selama 5-10 menit. Jika casing kalian memiliki noda yang membandel bisa direndam lebih lama.

Gosok casing menggunakan spons atau kain untuk menghilangkan semua kotoran dan noda. Jika ada area yang susah dicapai bisa gunakan sikat gigi.

Bilas casing secara menyeluruh untuk menghilangkan larutan pemutih. Keringkan menggunakan handuk atau tisu lalu angin-anginkan selama 30 menit sebelum dipasang kembali.

Cara membersihkan semua jenis casing HPCara membersihkan semua jenis casing HP Foto: istimewa

Karet dan Silikon

Karet dan silikon termasuk material yang lebih rapuh dibanding plastik keras, jadi kalian harus menggunakan pembersih yang lebih lembut. Kalian bisa menggunakan sabun cuci piring, tapi jika ingin sekalian menghilangkan noda dan warna kekuningan bisa gunakan baking soda setelahnya.

Sebelum mulai, siapkan sabun pencuci piring, air, spons/kain/sikat gigi dan baking soda (opsional). Larutkan sabun ke mangkok berisi air hangat lalu aduk.

Rendam spons atau kain ke dalam larutan tersebut dan gunakan untuk menggosok casing. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Opsional: jika noda dan kotoran masih belum terangkat, taburkan baking soda di atas casing dan gosok menggunakan sikat gigi basah.

Bilas casing dengan menyeluruh hingga bebas dari sabun dan baking soda. Lap hingga kering menggunakan haduk atau tisu lalu keringkan selama 30 menit sebelum dipasang kembali.

Perlu diingat, jangan rebus casing silikon atau dimasukkan ke dishwasher layaknya peralatan masak yang terbuat dari silikon. Cara ini bisa membuat ukuran casing menyusut.

Kayu

Cairan tertentu bisa merusak kayu atau lapisan kayu. Tapi cara berikut cukup aman untuk digunakan untuk membersihkan semua jenis casing kayu.

Untuk metode ini kalian butuh air, cuka, botol semprot dan kain. Isi botol semprot dengan dua bagian air dan satu bagian cuka, lalu kocok hingga rata.

Semprotkan larutan ke casing, lalu usap menggunakan kain yang sedikit basah. Usahakan jangan jangan semprotkan terlalu banyak larutan cuka ke casing.

Lap menggunakan tisu atau kain kering untuk menghilangkan sisa larutan di casing.

Kulit

Kulit merupakan material yang paling rapuh di antara semua jenis casing. Casing ini sensitif terhadap minyak, cahaya matahari, panas dan kelembaban.

Kalian bisa menggunakan pembersih kulit untuk membersihkan casing jenis ini. Tapi jika tidak memiliki pembersih kulit, metode ini merupakan alternatif yang lebih mudah dan murah. Tapi perlu diingat bahwa kulit bisa sedikit berubah warna setelah proses pembersihan.

Sebelum mulai siapkan air hangat, sabun cuci tangan yang lembut dan kain. Campur air hangat dan sabun cuci tangan di dalam mangkok. Gunakan insting kalian untuk menentukan proporsinya.

Jangan langsung usapkan larutan tersebut ke casing karena kulit sangat sensitif dengan noda dari air. Celupkan kain ke dalam larutan lalu peras hingga terasa sedikit basah.

Gunakan kain yang lembab tersebut untuk mengusap casing hingga bersih. Keringkan menggunakan kain bersih dan kering atau tisu untuk menghilangkan sisa air.

Cara Membersihkan Semua Jenis Casing Ponsel


Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)