Rabu, 18 Mar 2020 22:40 WIB

Cara Bersihkan Laptop dan Keyboard Untuk Kerja dari Rumah

Virgina Maulita Putri - detikInet
CUPERTINO, CA - AUGUST 7: The new wireless keyboard is displayed after Apple CEO Steve Jobs introduced new versions of the iMac and iLife applications August 7, 2007 in Cupertino, California. The all-in-one desktop computers now have a slimmer design in aluminum casings with faster chips and glossy screens and is up to $300 cheaper then their predecessors. (Photo by David Paul Morris/Getty Images) Cara Bersihkan Laptop dan Keyboard Agar Tetap Bersih Saat WFH Foto: GettyImages/David Morris
FOKUS BERITA Balada Work From Home
Jakarta -

Menjaga kebersihan di lingkungan sekitar penting untuk mencegah penyebaran virus corona. Termasuk gadget yang kita gunakan sehari-hari seperti laptop atau komputer.

Apalagi kedua perangkat ini sangat penting untuk aktivitas belajar atau bekerja dari rumah sebagai bagian dari gerakan social distancing. Jadi sangat penting untuk memastikan kebersihan perangkat kerja sehari-hari.

Sama seperti cara membersihkan ponsel untuk menghilangkan virus dan bakteri, membersihkan laptop dan keyboard komputer juga memiliki caranya tersendiri. Berikut cara membersihkan laptop dan komputer yang dikutip detikINET dari Mashable:

1. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan charger. Pastikan juga keyboard sudah dalam keadaan tidak terhubung. Jika menggunakan keyboard wireless keluarkan baterainya terlebih dahulu.

2. Sebelum mulai membersihkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan tuang atau semprotkan cairan langsung ke laptop. Jangan sampai ada cairan yang masuk ke dalam celah bukaan di laptop atau keyboard.

3. Ada beberapa material pembersih yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan laptop atau keyboard seperti semprotan aerosol, pelarut, abrasive, atau pemutih karena bisa merusak lapisan luar.

4. Untuk membersihkan eksterior dan layar laptop bisa menggunakan produk disinfektan seperti alkohol isopropil 70%. Tuangkan larutan tersebut ke kain lembut yang tidak berserabut dan usapkan ke bagian luar dan layar laptop.

Cara bersihkan laptop dan keyboard komputerCara bersihkan laptop dan keyboard komputer Foto: Gettyimages

5. Jika tidak memiliki produk disinfektan, Apple menyarankan untuk menggunakan air saja. Basahi kain lembut dengan air, lalu peras agar tidak ada sisa yang menetes dan usapkan ke laptop.

6. Untuk membersihkan keyboard bisa dimulai dengan mengangkat keyboard dalam posisi terbalik dan goyangkan secara perlahan agar debu dan kotoran bisa langsung keluar. Ada baiknya lakukan tahap ini di dekat tempat sampah langsung.

7. Agar lebih bersih, Microsoft menyarankan untuk menggunakan compressed air dalam kaleng untuk meniup debu dan kotoran. Sebagai alternatif bisa gunakan sikat halus untuk membersihkan debu.

8. Larutkan sabun lembut ke dalam air. Celupkan kain lembut tanpa serabut atau cotton buds ke dalam larutan tersebut, lalu peras hingga tidak ada tetesan air.

9. Dengan hati-hati, usapkan kain ke permukaan keyboard dan tombol-tombolnya. Jangan sampai ada air yang masuk ke dalam keyboard.

10. Cara membersihkan keyboard di atas juga bisa digunakan untuk membersihkan keyboard dan touchpad yang ada di laptop.

11. Setelah selesai dibersihkan, diamkan laptop dan keyboard hingga kering sebelum digunakan. Proses pengeringan seharusnya tidak memakan waktu lama asalkan kain pembersih yang digunakan tidak terlalu basah.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
FOKUS BERITA Balada Work From Home