5 Cara Amankan Akun WhatsApp

5 Cara Amankan Akun WhatsApp

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 28 Feb 2020 10:00 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
5 Cara Amankan Akun WhatsApp. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Dengan banyaknya pengguna WhatsApp, aplikasi pesan instant ini sasaran empuk para pelaku kejahatan cyber. Mulai dari penipuan, penyebaran hoax, hingga penyebaran pesan bermuatan malware ada di WhatsApp.

Untuk membantu pengguna melindungi diri mereka sebaik mungkin, tim di balik WhatsApp mengeluarkan sejumlah peringatan agar aman. Cara

1. Two-step verification (verifikasi dua langkah)

Verifikasi dua langkah adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun. Kalian akan diminta membuat pin yang terdiri dari 6 digit nomor dan WhatsApp akan memintanya ketika melakukan reset atau verifikasi akun.

2. Update profile privacy setting

Kalian bisa mengontrol berapa banyak orang yang bisa melihat Last Seen, foto profil dan status kalian di WhatsApp. Untuk mengganti pengaturan ini, kalian bisa masuk ke Settings - Privacy.

3. Atur group chat privacy settings

Kalian bisa mengontrol siapa yang bisa menambahkan kalian ke sebuah grup WhatsApp. Caranya, masuk ke Settings di WhatsApp - Account Privacy Groups dan pilih satu dari tiga opsi ini: Everyone, My Contacts, atau My Contacts Except.

My Contacts artinya hanya orang-orang yang ada di kontak kalian yang bisa menambahkan ke grup WhatsApp. My Contacts Except, artinya kontrol tambahan untuk pengecualian orang yang sudah ada di kontak kalian.

4. Kunci dengan Touch ID atau Face ID

Kalian bisa memutuskan apakah ingin WhatsApp secara otomatis segera mengunci ketika tidak digunakan, atau setelah selang waktu beberapa lama tidak aktif. Touch ID (menggunakan sidik jari) atau Face ID (dengan pengenalan wajah) adalah fitur keamanan tambahan yang penting.

5. Update WhatsApp secara berkala

Cara amankan WhatsApp terakhir adalah dengan rajin mengupdatenya. secara berkala terus mengupdate aplikasinya. Itulah sebabnya, selalu ada update fitur dan fitur keamanan baru. Jika ponsel tidak disetting untuk auto-update, kalian perlu mengupdate aplikasi secara manual dengan mengunjungi toko aplikasi Google Playstore atau App Store, cari WhatsApp, dan tap 'update'.

5 Cara Amankan Akun WhatsApp


Simak Video "6 Fitur Baru WhatsApp: Cari Chat Sesuai Tanggal hingga Cari Gambar di Web"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)