Kamis, 27 Feb 2020 21:42 WIB

Cara Melacak Lokasi Lewat WhatsApp, Gampang dan Bisa Segera Dicoba

Rosmha Widiyani - detikInet
Istanbul, Turkey - March 20, 2016: Woman looking on social media applications on a brand new white Apple iPhone 6s, which is designed and developed by Apple inc. and was released on September 9, 2015. Foto: iStock/Cara Melacak Lokasi Lewat WhatsApp, Gampang dan Bisa Segera Dicoba
Jakarta -

Buat yang penasaran cara melacak lokasi lewat WhatsApp atau WA ternyata caranya gampang banget. Cara ini bisa dicoba di HP atau handphone bersistem android atau iOS, asal sudah mengunduh dan menggunakan WhatsApp.

Tentunya, cara melacak lokasi lewat WhatsApp bukan bertujuan mengganggu privasi atau stalking. Tips ini bisa memudahkan mereka yang janjian namun tidak juga ketemu karena tak mengetahui lokasinya.

Dengan mengetahui lokasi terkini, mereka yang janjian tak perlu bingung atau terpaksa membatalkan. Berikut cara mengetahui lokasi lewat WhatsApp yang gampang dan bisa segera dicoba:

A. Menggunakan Live Location pada WhatsApp

Fitur dari WhatsApp ini bisa langsung melacak lokasi pemilik akun WhatsApp lain alias real time. Fitur ini bisa digunakan dengan mengikuti langkah ini:

1. Aplikasi WhatsApp dibuka kemudian dipilih orang atau grup yang akan diajak berbagi live action. Selanjutnya, klik ikon paperclip di kanan bawah dan pilih opsi lokasi

2. Langkah selanjutnya klik berbagi lokasi terkini, kemudian berapa lama hendak menggunakan live location. Di bagian tambah keterangan, bisa diketik pesan yang hendak dikirim bila diperlukan.

3. Penerima pesan kemudian bisa melihat langsung lokasi pengirim, termasuk pindah tempat. Fitur ini otomatis berhenti jika waktu berbagi live location sudah habis, atau bisa dihentikan sendiri dengan mengeklik berhenti berbagi.

B. Melacak WhatsApp dengan HLR Lookup

Metode lain adalah menggunakan aplikasi Home Location Register atau HLR Lookup. Aplikasi ini melacak HLR yang akan memberi tahu provider dan lokasi pelanggan.

Cara ini bisa dicoba saat mendapatkan pesan penipuan lewat WA dan ingin tahu lokasi pelaku. Berikut langkah-langkahnya:

1. Aplikasi HLR diunduh terlebih dulu lewat Google Store atau situs aplikasi tersebut

2. Nomor WhatsApp yang melakukan penipuan bisa dimasukkan dalam aplikasi HLR yang sudah diunduh, kemudian klik send

3. Setelah beberapa saat muncul detail kode area, layanan provider, negara, wilayah, dan kota nomer tersebut. Informasi ini bisa dibagikan hanya dengan klik send

4. Aplikasi ini mungkin kurang akurat memberikan lokasi pelaku terkini, namun informasi tempat nomor didaftarkan bisa diketahui

C. Melacak lokasi teman WhatsApp dengan Google Maps

Google Maps ternyata bisa digunakan untuk melacak lokasi lewat WA, selain navigasi seperti biasa. Ini langkah melacak lokasi dengan Google Maps dengan tingkat keakuratan yang cukup baik:

1. Google Maps bisa dibuka lebih dulu, kemudian klik simbol akun di pojok kanan atas dan pilih berbagi lokasi

2. Selanjutnya klik mulai untuk menunjukkan lokasi kepada teman. Durasi berbagi lokasi real time bisa ditentukan lebih dulu, atau hingga dinonaktifkan

3. Pilih WhatsApp dan kontak yang hendak dikirimi informasi. Selanjutnya lokasi terkini sudah bisa diketahui.



Simak Video "Ponsel Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)