Jangan Asal Congkel Ponsel Sendiri, Salah-salah Bisa Kebakar!

Jangan Asal Congkel Ponsel Sendiri, Salah-salah Bisa Kebakar!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 21 Feb 2020 10:06 WIB
Ilustrasi Smartphone
Ilustrasi. Foto: Julian Chokkattu/Digital Trends
Jakarta -

Kadang ada kalanya kita mencari cara termudah (dan termurah tentunya) untuk memperbaiki barang berharga kita yang rusak, salah satunya ponsel. Nah, banyak orang yang kemudian asal coba mencongkel ponsel. Ternyata hal itu dapat berujung pada kerusakan yang lebih parah, bahkan terbakar.

Woro Prastio selaku Technical Support Xiaomi After Sales mengingatkan bahwa ponsel zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu, di mana baterai masih bisa dibuka dengan mudah.

"Kalau user kami nggak sarankan untuk bongkar sih karena terutama sekarang ini kan baterainya internal, kalau dulu kan bisa dibuka. Untuk menghindari kesalahan bongkar kita tidak saranin," tegasnya, saat acara bedah jeroan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Kamis (20/2/2020).

Ia mencontohkan sebuah kasus di mana ada salah seorang pengguna, yang bahkan memiliki latar belakang teknisi elektronik, namun gagal dalam mempreteli smartphone yang dimiliki dan mengakibatkan ponselnya terbakar.

"Biasanya ada tulisannya kalau handphone baru, jangan dibongkar kalau memang nggak pernah ada pendidikan. Lithium itu kan dia lunak ya jadi ketika dia salah congkel, kadang kan orang nggak tahu cara congkelnya nih, dilem soalnya kan, jadi coba nyongkel. Mereka mungkin sudah lihat di YouTube tapi mereka 'ini gimana nih?', kadang orang kan suka eksperimen, kan," ujarnya.

Untuk itu, Woro membagikan tipsnya mengenai bagian mana saja yang diperbolehkan untuk 'disembuhkan' oleh pengguna. Pertama adalah kerusakan charging port karena adanya debu. Ia menyarankan untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut.

"Cotton bud biasanya untuk headset connector. Pinset nggak disaranin takutnya kecongkel karena ada yang tajem. Bagian luar aja, kadang speaker agak kotor disikat aja pakai sikat gigi bekas tapi yang halus. Tapi kalau di service center sih kita ada alat yang khusus ya," tutupnya.

Jangan Asal Congkel Ponsel Sendiri, Salah-salah Bisa Kebakar!


Simak Video "CEO Telegram Tuding Facebook Tebar Hoax untuk Jatuhkan Platform-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)