Banyak Penipuan Lewat WhatsApp, Ini Cara Sederhana Menghindarinya

Banyak Penipuan Lewat WhatsApp, Ini Cara Sederhana Menghindarinya

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 24 Jan 2020 08:59 WIB
Foto: Photo by Rachit Tank on Unsplash
Jakarta -

Belakangan banyak kasus penipuan yang dilakukan lewat WhatsApp terjadi. Agar tak jadi korban, ada cara sederhana untuk menghindarinya.

Tak bisa ditampik, seiring kepopuleran WhatsApp, aplikasi pesan ini dipakai pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Entah mereka mengirimkan pesan spam, hoax ataupun phising ke calon korbannya.

Sepanjang Januari hingga Desember 2019, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menerima laporan 1.617 kasus kejahatan cyber yang terjadi di marketplace, media sosial, email, atau platform online lain. Para penipu mencoba berbagai modus operandi untuk mendorong korban melakukan tindakan tertentu.

Tak ingin penggunanya terus jadi korban, WhatsApp membagikan tips untuk mencegah aksi tipu daya penjahat cyber. Apa saja yang harus dilakukan?

Peniru

Penipu bisa muncul dengan berbagai wajah. Mereka dapat berpura-pura menjadi teman atau kerabat dekat kamu, yang mengaku sangat membutuhkan uang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal.

Dengan alasan sedang terkena musibah seperti baru saja dirampok, dipenjara, atau bahkan dirawat inap, mereka dapat mengarang alasan dan meyakinkan kita untuk mengirimkan sejumlah uang.

Jika kamu tidak ingin menjadi korban, pertama-tama perhatikanlah bahasa yang coba ditiru si penipu. Gaya percakapan yang digunakan mungkin berbeda, seperti tutur bahasa yang dipilih, cara mereka menjelaskan situasi, dan hal kecil lainnya yang membuat kita ragu.

Jangan lupa pula untuk menanyakan informasi tambahan dari sumber yang terpercaya. Setelah kamu mengetahui bahwa ini salah satu modus penipuan, laporkan dan memblokir pengguna tersebut dengan cara:

Banyak Penipuan Lewat WhatsApp, Ini Cara Sederhana MenghindarinyaFoto: Mashtips
  • Membuka Chat
  • Klik kontak atau nama grup
  • Klik Laporkan atau Blok kontak


Pemberi Harapan

Pernahkah kamu menerima pesan yang menyatakan bahwa Anda beruntung menjadi pemenang hadiah secara tiba-tiba? Jika iya, ada kemungkinan kamu sedang menjadi target penipuan.

Banyak Penipuan Lewat WhatsApp, Ini Cara Sederhana Menghindarinya