Kebanyakan Main Smartphone? 5 Hal Ini Bisa Jadi Dampaknya

Kebanyakan Main Smartphone? 5 Hal Ini Bisa Jadi Dampaknya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 13 Jan 2020 22:33 WIB
Ilustrasi kebanyakan main gadget. Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone mereka dan ini bukanlah hal yang bagus. Sebab, banyak bukti yang mengarah kecanduan gadget bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tak dapat dianggap sepele.

Dikutip dari Best Life, berikut ini adalah lima hal yang bisa menjadi dampaknya:

1. Memori yang melemah

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Environmental Health Perspectives frekuensi radio elektromagnetik dari perangkat seluler ketika melakukan panggilan telepon bisa berdampak buruk pada kapasitas memori seseorang.

Meski butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan kaitannya lebih jauh, ada baiknya kamu mulai mengurangi intensitas bermain gadget jika memang merasa sudah terlalu berlebihan.

2. Tingkat stres yang tinggi

Satu studi terhadap lebih dari 4.000 orang dari University of Gothenburg di Swedia menemukan bahwa peningkatan penggunaan telepon dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih tinggi pada pria maupun wanita.


3. Lebih mudah terpapar kuman penyebab penyakit

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Annals of Clinical Microbiology pada 200 sampel smartphone menemukan 94.5% perangkat terkontaminasi dengan bakteri yang berpotensi mempengaruhi kesehatan. Jika kamu menggunakan ponsel terus-menerus, pastikan untuk membersihkan layar setiap harinya.

4. Bikin lebih mudah sakit kepala

Ketergantungan ponsel bisa membuat seseorang sakit kepala. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports mengatakan bahwa, rata-rata, pengguna ponsel 38% lebih mungkin untuk mengalami sakit kepala dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan perangkat.

Meskipun para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin mengapa hal ini terjadi, teori mereka adalah bahwa energi elektromagnetik dari ponsel mempengaruhi sistem dopamin-opiat yang berkaitan dengan munculnya sakit kepala.

5. Terus merasa lelah

Dalam penelitian di Korea Selatan, para peneliti menemukan bahwa subjek yang kecanduan ponsel pintar memiliki kadar GABA yang lebih tinggi dalam otak mereka yang mana dapat berkontribusi pada segala hal mulai dari kecemasan hingga rasa kantuk.



Simak Video "UNICEF: Orang Tua Juga Harus Perhatikan Kesehatan Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)