Sabtu, 14 Des 2019 14:01 WIB

Cara Membuat Channel YouTube dengan Mudah di Laptop dan Ponsel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Cara Membuat Channel YouTube dengan Mudah di Laptop dan Ponsel Foto: webchaat Cara Membuat Channel YouTube dengan Mudah di Laptop dan Ponsel Foto: webchaat
Jakarta - Ingin terkenal dan menghasilkan uang dari YouTube seperti yang dilakukan PewDiePie dan Raditya Dika? Coba mulai dulu dengan membuat channel YouTube.

Sebenarnya dengan akun Google kalian sudah bisa menonton, menyukai video dan subscribe ke channel YouTube yang ada. Tapi untuk bisa mengunggah video, berkomentar atau membuat playlist kalian harus membuat channel YouTube.



Cara membuat channel YouTube sebenarnya mudah saja, kalian cukup bermodalkan laptop atau ponsel pintar seperti Android atau iPhone. Berikut cara membuat channel YouTube dengan mudah seperti dirangkum detikINET:

1. Cara Membuat Channel YouTube di Laptop

Untuk membuat channel YouTube di laptop, buka situs YouTube di browser kalian. Klik Sign In yang ada di sisi kanan atas jika kalian belum pernah login sebelumnya.

Setelah itu login menggunakan akun Google yang kalian punya. Setelah selesai, klik ikon profil dengan foto kalian di sebelah kanan atas dan klik menu Settings.

Buka tab Accounts yang ada di sidebar sebelah kiri, lalu cari pilihan Create a new channel. Selanjutnya masukkan nama channel YouTube yang ingin kalian gunakan, jika sudah sesuai klik Create Channel.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, channel YouTube kalian sudah berhasil dibuat. Sekarang kalian bisa mengatur tampilan channel agar lebih menarik.

Untuk mempercantik tampilan channel YouTube, klik Customize Channel. Di sini kalian bisa menambahkan foto profil, banner serta deskripsi channel kalian. Setelah semua pengaturan sesuai dengan keinginan, channel YouTube kalian sudah siap diisi dengan konten menarik dan bermanfaat!



2. Cara Membuat Channel YouTube di Android

Kalau kalian hanya punya modal ponsel Android jangan khawatir karena channel YouTube juga bisa dibuat dengan mudah di ponsel. Sebelum memulai, sebaiknya download aplikasi YouTube untuk ponsel kalian jika tidak ada lewat Google Play Store.

Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi YouTube di ponsel kalian. Klik ikon profil yang ada di sisi kanan atas untuk login jika kalian belum pernah login sebelumnya.

Pop-up untuk menambahkan akun Google akan langsung muncul. Masukkan alamat email dan password akun Google kalian untuk login dan klik Berikutnya. Jika sudah selesai login, klik ikon profil dan pilih menu Channel saya.

Kalian akan diminta untuk memasukkan nama channel yang ingin digunakan, setelah itu klik Buat Channel. Tunggu beberapa saat dan channel YouTube kalian akan muncul di layar.

Untuk melakukan kustomisasi seperti menambahkan foto, banner dan deskripsi channel klik ikon gigi roda yang ada di halaman depan channel.



3. Cara Membuat Channel YouTube di iPhone

Tidak hanya di ponsel Android, kalian juga bisa membuat channel YouTube langsung dari iPhone. Pastikan kalian sudah memiliki aplikasi YouTube untuk iPhone, jika belum bisa langsung diunduh lewat Apple App Store.

Kemudian buka aplikasi YouTube kalian dan klik ikon profil di sisi kanan atas. Login menggunakan akun Google kalian jika kalian belum pernah login sebelumnya.

Setelah selesai login, kembali klik ikon profil dan klik Channel saya. Masukkan nama channel YouTube yang ingin digunakan. Kalau sudah sesuai dengan keinginan, klik Buat Channel.

Sekarang channel YouTube kalian sudah siap untuk mengunggah konten video yang keren. Untuk membuat channel kalian terlihat lebih menarik, klik ikon gigi roda yang ada di halaman depan channel untuk menambahkan foto, banner dan deskripsi channel.

Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)