Cara Memunculkan Tombol IDM di YouTube untuk Chrome dan Firefox

Cara Memunculkan Tombol IDM di YouTube untuk Chrome dan Firefox

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Des 2019 19:00 WIB
Cara Memunculkan Tombol IDM di YouTube untuk Chrome dan Firefox Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Internet Download Manager (IDM) memiliki banyak fungsi. Tidak hanya bisa mendongkrak kecepatan download tapi juga mengunduh video dari YouTube dan layanan video lainnya.

Tapi kalian pasti pernah mengalami saat ingin download video dari YouTube tapi tombol IDM yang ada di sisi atas video tiba-tiba menghilang? Jangan keburu kesal dulu karena ada cara mudah untuk menampilkan tombol tersebut di YouTube.


Berikut cara memunculkan tombol IDM di YouTube untuk browser Google Chrome dan Mozilla Firefox yang dirangkum detikINET:

1. Penyebab Tombol IDM Tidak Muncul

Sebelum masuk ke langkah memunculkan tombol IDM di YouTube, kalian harus tahu apa penyebab hilangnya tombol tersebut dari browser kalian. Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh:

- Ekstensi IDM yang tidak terpasang dengan benar.

- IDM tidak update ke versi terbaru sehingga tidak bisa terintegrasi dengan browser.

- IDM belum diaktivasi setelah selesai dipasang.

2. Menampilkan Tombol IDM di Google Chrome

Untuk menampilkan tombol download IDM di Google Chrome langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh dan menginstall IDM versi terbaru di laptop atau PC kalian.

Jika sudah terpasang, buka Google Chrome dan masuk ke menu Settings yang ada di sisi kanan atas browser. Untuk melihat apakah ekstensi IDM sudah terpasang atau belum di Chrome, pilih opsi More tools lalu klik Extensions.

Di halaman Extensions kalian bisa melihat ekstensi dan add-on apa saja yang terpasang di Chrome. Tetap buka halaman ini untuk mengikuti langkah selanjutnya.

Di Windows Explorer, masuk ke direktori Internet Download Manager. Biasanya lokasinya seperti ini This PC > Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager.

Di folder Internet Download Manager, cari file bernama IDMGCExt.crx. Setelah itu, klik dan tarik file tersebut ke jendela Extensions di Chrome. Jika muncul peringatan klik opsi Add Extension.

Nah setelah proses instalasi selesai, ekstensi IDM telah terpasang di Chrome dan tombol download IDM akan secara otomatis tampil di YouTube.


3. Menampilkan Tombol IDM di Mozilla Firefox

Jika tombol IDM tidak muncul di Mozilla Firefox, kalian harus memasangnya secara manual. Caranya klik menu Firefox dengan ikon tiga garis horizontal di sisi kanan atas browser lalu klik opsi Add-ons.

Halaman Add-ons manager akan terbuka dan klik tab Extensions yang ada di sisi kiri layar. Cari menu dengan ikon gigi roda dan klik opsi 'Install Add-on From File'.

Buka direktori Internet Download Manager untuk memilih add-on yang ingin diinstal. Di sini kalian akan melihat tiga file XPI yang memiliki nama sama tapi nomor terakhir yang berbeda.

Pilih add-on yang sesuai dengan versi Firefox yang kalian gunakan yaitu:

- idmmzcc3.xpi untuk Firefox 53 dan versi lebih baru.

- idmmzcc2.xpi untuk Firefox versi 27 hingga versi 52.

- idmmzcc.xpi untuk Firefox versi 1.5 hingga versi 26.

Jika kalian tidak tahu versi Firefox yang saat ini digunakan, coba install semua ekstensi satu persatu. Jika kalian memilih versi file yang sesuai, Firefox akan menampilkan dialog untuk konfirmasi setup. Klik Install atau Add jika dialog tersebut muncul.

Setelah proses instalasi selesai, ekstensi IDM sudah terpasang di Firefox dan secara otomatis akan muncul di YouTube untuk membantu kalian mengunduh video.

Simak Video "RANS Entertaintment Ditawar Miliaran, Raffi Ahmad Tak Ingin Jual"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/pay)