5 Tips Jitu Cari Kerja di LinkedIn

5 Tips Jitu Cari Kerja di LinkedIn

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 05 Des 2019 13:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Dengan semakin banyaknya perusahaan menggunakan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka, berbagai peluang menarik bagi para profesional muda dan kaum melek digital pun banyak tersedia. Meski demikian, persaingan mendapatkan pekerjaan juga harus pintar disiasati.

Nah, kalau kalian sedang mencari pekerjaan, berikut ini ada lima tips untuk membantu kalian memulai perjalanan karier seperti dirangkum detikINET dari keterangan tertulis LinkedIn, Kamis (5/12/2019).

5 Tips Cari Kerja di LinkedIn


1. Buat profil LinkedIn kalian bersinar

Unggah foto terbaru kalian yang diambil dengan pencahayaan yang bagus, potong gambar dengan tepat sehingga wajah terlihat jelas. Tambahkan ringkasan dan bagikan rincian mengenai diri kalian sehingga perekrut dapat melihat potensi terbaik kalian.

5 Tips Cari Kerja di LinkedIn


2. Tampilkan dan tingkatkan keterampilan

LinkedIn menemukan bahwa berbagai keterampilan di bidang teknologi sangat dibutuhkan saat ini. Pada saat yang sama, perusahaan juga menghargai soft skill, seperti kemampuan kalian bekerja dengan orang berbeda.

Jika pekerjaan impian kalian membutuhkan keterampilan yang masih harus dikuasai, ikutilah kursus online di platform seperti LinkedIn Learning. Setelah merasa lebih percaya diri, pertimbangkan untuk mengikuti LinkedIn Skills Assessment guna membuktikan kemampuan kalian.

5 Tips Cari Kerja di LinkedIn


3. Jelajahi Pekerjaan di LinkedIn

Manfaatkan LinkedIn Jobs untuk membantu kalian mencari pekerjaan berdasarkan industri, fungsi, dan pengalaman. Atur pemberitahuan pekerjaan secara instan sehingga kalian dapat melihat lowongan segera setelah dipublikasikan dan kalian bisa menjadi kandidat pertama yang mendaftar.

5 Tips Cari Kerja di LinkedIn


4. Terhubung dengan koneksi

Cek jaringan kalian untuk mengetahui apakah kalian memiliki koneksi di perusahaan yang menarik minat kalian. Hubungi mereka jika mereka mau memberikan referensi kepada kalian.

5 Tips Cari Kerja di LinkedIn


5. Menjalin hubungan dengan perusahaan tempat kalian ingin bekerja

Ikuti LinkedIn Company Pages dan atur lansiran ketika mereka membuka lowongan pekerjaan. Ini memungkinkan perekrut tahu bahwa kalian tertarik bekerja di perusahaan mereka dan membantu meningkatkan peluang kalian untuk mendapatkan informasi dari mereka.

Simak Video "Imbas Pandemi Corona, LinkedIn PHK 6% Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)