Kamis, 21 Nov 2019 07:15 WIB

Cara Update Google Chrome di Ponsel dan PC dengan Mudah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Cara Update Google Chrome di Ponsel dan PC dengan Mudah Foto: Internet Cara Update Google Chrome di Ponsel dan PC dengan Mudah Foto: Internet
Jakarta - Google Chrome merupakan salah satu browser paling populer di dunia saat ini. Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, dan pada pertengahan 2019 Chrome menguasai 71% pangsa pasar untuk PC tradisional.

Tidak hanya di platform PC, Chrome juga banyak digunakan oleh pengguna perangkat Android dan iOS. Di platform Android saja, Chrome sudah diunduh lebih dari 5 miliar kali.



Agar penggunanya tetap aman, Google tentu selalu mengirimkan update untuk Chrome yang berisikan patch dan fitur terbaru. Untuk memastikan Google Chrome kalian selalu menjalankan versi terbaru, simak cara update Google Chrome berikut:

1. Chrome di PC

Ketika update baru tersedia, Chrome biasanya tidak memberikan notifikasi. Kalian bisa mengeceknya dengan membuka aplikasi Google Chrome di PC atau laptop kalian dan klik menu More yang ditandai dengan tiga titik vertikal di sudut kanan atas.

Jika ikon tersebut berwarna hijau artinya ada update pending yang rilis kurang dari 2 hari yang lalu, orange artinya update rilis sekitar 4 hari yang lalu dan merah artinya update rilis sekitar seminggu yang lalu.

Untuk mengunduh dan menginstal update terbaru, masih di menu More tadi klik opsi Update Google Chrome. Perlu diingat bahwa jika kalian tidak melihat opsi ini atau tiga warna di atas di ikon More, artinya Google Chrome kalian sudah menggunakan versi terbaru.

Setelah proses download selesai, klik Relaunch. Browser akan menyimpan tab yang kalian buka dan akan terbuka kembali setelah restart selesai.

Jika merasa sudah lama tidak mendapat update Google Chrome, kalian bisa mengecek update dan versi Chrome yang digunakan secara manual. Caranya buka menu More di Google Chrome, kemudian klik opsi Help dan About Google Chrome. Chrome akan secara otomatis mengecek update terbaru yang tersedia begitu kalian membuka halaman ini.

2. Chrome di Android

Untuk mengupdate Chrome di perangkat Android, kalian bisa menggunakan Google Play Store atau langsung lewat browser. Untuk update menggunakan Play Store, buka aplikasi tersebut, buka Menu yang ada di sisi kiri atas dan pilih opsi My Apps & games.

Di bawah daftar Updates yang tersedia, cari logo Chrome dan klik opsi Update yang ada di sebelah kanan. Kalian juga bisa membuat Chrome untuk diupdate secara otomatis.

Caranya buka halaman Google Chrome di Play Store, dan klik menu di sisi kanan atas yang ditandai dengan ikon tiga titik vertikal. Cari opsi Enable auto-update dan centang pilihan tersebut.



Jika kalian menggunakan Chrome versi 76 ke atas di ponsel Android, kalian bisa langsung mengecek update di browser. Caranya buka aplikasi Chrome di perangkat Android kalian.

Klik menu More dengan tiga titik vertikal di sisi kanan atas kemudian klik opsi Update Chrome jika ada. Opsi ini hanya akan muncul jika update baru memang tersedia. Setelah proses download selesai, restart Chrome.

3. Chrome di iOS

Cara update Chrome di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad tidak kalah mudahnya. Lewat perangkat iOS kalian, buka aplikasi App Store. Klik menu Profile yang ada di sisi kanan atas.

Scroll ke bawah hingga menemukan Available Updates dan cari opsi Google Chrome. Jika Chrome ada di daftar tersebut, klik Update untuk menginstal update terbaru.

Jika ditanyakan, masukkan password untuk akun Apple ID kalian. Update akan diunduh dan diinstal secara otomatis.

Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)