Selasa, 19 Nov 2019 12:45 WIB

Cara Bikin Password yang Gampang Diingat Tapi Tetap Aman

Aisyah Kamaliah - detikInet
Cara membuat password yang mudah diingat tapi aman. Foto: iStock Cara membuat password yang mudah diingat tapi aman. Foto: iStock
Jakarta - Membuat password adalah hal yang gampang-gampang sulit. Di saat kamu harus memikirkan password apa yang gampang diingat, kamu juga harus menjaganya agar tidak terlalu mudah dilacak.

Dikutip detikInet dari Wikihow, berikut ini adalah cara untuk membuat kamu mudah mengingat password tetapi tetap aman.


1. Kombinasikan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih password yang mudah dan gampang diingat, kemudian mengombinasikannya dengan nama lain yang tidak ada kaitannya. Ini bisa membuat hacker bingung. Contohnya, mengombinasikan nama peliharaanmu dengan penulis favoritmu yang mana tidak ada korelasinya, misalnya PattyIlanaTan.

2. Simpan secarik kertas berisi password

Setelah memilih password maka catat di secarik kertas. Ini adalah cara yang klasik tapi bisa menjadi penyelamat. Tuliskan password yang kamu miliki kemudian simpan dalam amplop. Letakkan di tempat yang aman.

3. Gunakan simbol dan angka

Coba gunakan simbol dan angka yang mudah kamu ingat saat memilih password tetapi tetap ingat untuk mengombinasikannya seperti tips sebelumnya. Simbol dan angka dapat membantu kamu mendapatkan password yang kuat supaya sulit diprediksi hacker.

4. Kalau lupa...

Kamu bisa menggunakan 'Forgot My Password' dan mengikuti langkah selanjutnya. Namun bila kamu masih belum bisa terhubung kembali dengan akun, kamu bisa menghubungi langsung layanan platform untuk mendapatkan bantuan.



Simak Video "Pentingnya Ganti Kata Sandi Medsos Secara Berkala"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)