Rabu, 13 Nov 2019 07:28 WIB

5 Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 yang Mengganggu

Virgina Maulita Putri - detikInet
5 Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 yang Mengganggu Foto: internet 5 Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 yang Mengganggu Foto: internet
Jakarta - Microsoft selalu merilis update terbaru untuk menambal celah dan meningkatkan performa Windows 10. Update ini selalu diunduh dan diinstal secara otomatis jika laptop atau PC kalian terhubung dengan internet.

Tapi tidak semua orang senang menerima dan menginstal update yang datangnya tiba-tiba ini. Pasalnya, untuk menginstal update kalian harus berhenti bekerja untuk me-restart laptop atau PC.



Selain itu, update yang dirilis mungkin saja tidak sesuai dengan program yang sering kalian gunakan. Belum lagi ukuran update yang sangat besar bisa menguras kuota internet kalian.

Lalu, bagaimana cara menghentikan update otomatis Windows 10? Walau tidak bisa mematikan update secara permanen, berikut lima cara untuk mematikan update otomatis Windows 10 yang dirangkum detikINET dari Tech Radar:

1. Hentikan Sementara Update Otomatis

Cara ini tidak bisa mematikan auto update secara permanen, tapi bisa membantu menghentikan update otomatis untuk sementara waktu. Buka menu Start dan masuk ke aplikasi Settings.

Setelah masuk ke Settings, klik Update & Security > Windows Update yang ada di sisi kiri > Advanced options. Di bawah Pause Updates, klik toggle yang ada hingga menjadi On.

Cara ini akan menghentikan update otomatis selama 35 hari, tapi kalian harus mengunduh update terbaru setelah periode tersebut berakhir jika kalian masih ingin menghentikan update otomatis.

2. Batasi Koneksi Internet

Cara ini mudah tapi sangat membantu menghentikan update dan menghemat kuota internet. Klik menu Start lalu buka aplikasi Settings. Dari sini klik Network & Internet, kemudian Wi-Fi di kolom sebelah kiri.

Cari nama koneksi Wi-Fi yang kalian pakai. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Metered Connection dan klik toggle yang ada hingga menjadi On. Cara ini akan memberitahu Windows 10 bahwa kalian memiliki internet yang terbatas sehingga tidak akan mengunduh update secara otomatis.

3. Cegah Update untuk Diinstal

Setelah proses instalasi update sudah berjalan, kalian jangan memaksa untuk menghentikannya. Tapi jika Windows 10 sudah mengunduh update tapi belum diinstal, kalian bisa menghentikannya.

Di search bar Windows 10 ketik Security and Maintenance, lalu klik hasil pencarian pertama untuk membuka Control Panel. Klik Maintenance untuk melihat lebih banyak opsi kemudian scroll ke bagian Automatic Maintenance.

Klik Stop Maintenance untuk mencegah update diinstal. Jika berubah pikiran kalian bisa memulai update dengan cara klik Start Maintenance.



4. Matikan Windows Update Startup Service

Di Search Bar Windows 10, ketik Service. Klik kanan di hasil pencarian teratas dan pilih opsi Run as administrator. Scroll down hingga menemukan entri Windows Update.

Jika di kolom Status tertulis Running, klik kanan Windows Update entri dan klik Stop. Setelah itu klik kanan lagi dan pilih menu Properties. Di menu yang muncul, di bagian bawah Startup type, pilih Disabled dan klik OK.

Cara ini mencegah Windows Update untuk menginstall update secara otomatis. Jika kalian ingin mencegah update otomatis tapi masih ingin menginstall update secara manual, pilih opsi Manual dari menu drop-down.

5. Lewat Group Policy

Cara mematikan auto update Windows 10 ini memang sedikit rumit, tapi bisa kalian coba. Ketik 'gpedit.msc' di search bar Windows 10 dan klik hasil pencarian pertama.

Setelah itu, navigasi langkah-langkah ini di kolom sebelah kiri: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update. Di jendela sebelah kanan, klik dua kali opsi Configure Automatic Updates.

Langkah ini akan membuka jendela baru. Di sudut kiri atas klik Disabled kemudian Apply dan OK. Cara ini akan mencegah Windows 10 mengunduh dan menginstal update secara otomatis, tapi kalian bisa mengunduh update secara manual lewat Windows Update.

Simak Video "Jajaran Laptop Dell Bertenaga Intel Generasi ke-10, Ini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)