Cara Kompres PDF dan Foto untuk Syarat Pendaftaran CPNS

Cara Kompres PDF dan Foto untuk Syarat Pendaftaran CPNS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 12 Nov 2019 18:44 WIB
Cara Kompres PDF dan Foto untuk Syarat Pendaftaran CPNS Foto: Bimbel CPNS
Jakarta - Pendaftaran CPNS 2019 mulai dibuka secara online pada Senin (11/11/2019). Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak dokumen yang harus disiapkan dalam format digital untuk diunggah di situs pendaftaran CPNS 2019.

Dikutip detikINET dari situs SSCN Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada beberapa jenis dokumen dan tipe file yang harus diunggah dalam ukuran yang spesifik. Beberapa di antaranya adalah scan foto dalam format JPG/JPEG dengan ukuran maksimal 200 Kb, scan surat lamaran dalam format PDF maksimal 300 Kb, dan scan ijazah dalam format PDF maksimal 800 Kb.



Mungkin kalian sudah memiliki hasil scan tersebut, tapi ukurannya masih belum sesuai dengan ketentuan BKN. Jangan khawatir, berikut adalah cara mengompres file PDF dan foto untuk memenuhi persyaratan pendaftaran CPNS:

1. Cara Kompres PDF

Untuk mengompres file PDF secara online kalian bisa menggunakan situs iLovePDF. Setelah itu klik Pilih file PDF yang berada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin dikompres.

Kalian akan diberi tiga opsi kompresi agar hasil dan ukurannya sesuai keinginan yaitu kompresi ekstrem untuk kualitas rendah, kompresi yang disarankan untuk kualitas bagus, dan kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

Walau memilih opsi kompresi rendah, hasil kompresi di iLovePDF cenderung menghasilkan ukuran PDF yang cukup kecil tapi tidak menurunkan kualitasnya. Sebagai contoh, dokumen PDF dengan ukuran asli 350 KB bisa dikecilkan hingga 85 KB tanpa menurunkan kualitasnya.

Setelah memilih opsi yang diinginkan, klik Kompres PDF. Setelah proses kompres selesai, file PDF yang telah dikompres akan diunduh secara otomatis ke smartphone atau komputer kalian.

2. Cara Kompres JPG

Mengompres foto secara online terbilang paling mudah karena kalian tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan baik melalui PC atau ponsel.

Untuk mengompres foto secara online hal pertama yang harus kalian lakukan adalah buka situs https://imagecompressor.com/id/ lewat browser pilihan. Klik opsi Unggah File yang ada di tengah layar dan pilih foto yang ingin kalian kompres. Atau kalian juga bisa drag-and-drop foto langsung dari file manager ke browser.

Kalian bisa mengompres hingga 20 foto sekaligus. Foto yang sudah kalian pilih akan otomatis diunggah dan dikompres. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai.

Setelah proses ini selesai, kalian bisa langsung mengunduh foto yang sudah dikompres. Tapi jika kalian merasa ukurannya masih tidak sesuai keinginan, kalian bisa scroll ke bawah dan mengubah level kompresinya.

Kalian akan melihat dua versi foto yaitu yang belum dikompres dan yang sudah. Di sebelahnya terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa kalian naikkan atau turunkan sesuai keinginan.

Turunkan terus slider hingga bagian pratinjau menunjukkan ukuran foto yang telah dikompres lebih kecil dari 200 KB. Jika ukurannya sudah sesuai dengan keinginan kalian, klik Unduh Semua untuk mengunduh foto-foto kalian ke PC atau ponsel.



3. Cara Mengubah Word ke PDF

Sudah menyiapkan surat lamaran untuk pendaftaran CPNS tapi masih dalam bentuk Word? Jangan khawatir, file tersebut bisa kalian ubah ke format PDF dengan mudah.

Agar tidak perlu repot lagi mengunduh aplikasi, kalian bisa mengubah format file secara online lewat situs SmallPDF yang bisa kalian klik di sini www.smallpdf.com.

Untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF, scroll hingga kalian menemukan opsi "Word to PDF" yang berwarna biru muda. Kemudian klik Choose File untuk memilih dokumen mana yang ingin kalian ubah.

Selain mengambil dokumen offline yang ada di smartphone kalian, ada juga opsi untuk mengambil dokumen dari Dropbox dan Google Drive. Setelah memilih dokumen yang ingin diubah, kalian hanya perlu menunggu hingga dokumen tersebut selesai diproses.

Setelah selesai diproses, kalian bisa mengunduh dokumen PDF atau Word tersebut ke smartphone atau mengunggahnya ke Dropbox atau Google Drive. Jika ukuran PDF terlalu besar, kalian bisa mengompresnya dengan cara kompres PDF yang ada di atas.

4. Cara Scan Dokumen

Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk persyaratan pendaftaran CPNS harus dalam bentuk digital. Kalau tidak punya scanner atau enggan membayar jasa scan, kalian bisa menggunakan aplikasi smartphone seperti Adobe Scan yang bisa memindai berbagai jenis dokumen ke dalam file PDF atau JPG.

Caranya, unduh aplikasi Adobe Scan dari Google Play Store atau Apple App Store. Setelah proses instalasi selesai, sign in menggunakan akun Facebook atau Google.

Kalian akan langsung dihadapkan dengan viewfinder kamera untuk mengambil gambar dokumen. Aplikasi ini akan langsung mengidentifikasi dokumen yang ingin di-scan, tapi kalian bisa mengatur batas-batas dokumen menggunakan resizing tool yang ada.

Setelah puas dengan dokumen yang di-scan, klik Continue dan klik Save PDF untuk menyimpan dokumen dalam format PDF. Dokumen yang sudah di-scan akan disimpan di Adobe Cloud, untuk mengunduhnya di ponsel kalian bisa dilakukan dengan memilih menu Share > Share a Copy > Drive PDF Viewer > Download.

Simak Video "Ninja Saga Pamit dari Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)