Selasa, 12 Nov 2019 08:31 WIB

Cara Gampang Redupkan Layar Laptop Windows

Virgina Maulita Putri - detikInet
Cara Meredupkan Layar Laptop Windows dengan Mudah Foto: GettyImages Cara Meredupkan Layar Laptop Windows dengan Mudah Foto: GettyImages
Jakarta - Bekerja di depan laptop dengan layar yang terlalu cerah bisa membuat mata menjadi silau dan cepat lelah. Apalagi jika bekerja di dalam ruangan yang gelap atau minim cahaya.

Solusi paling mudah tentu dengan meredupkan brightness atau tingkat kecerahan layar laptop. Layar laptop yang lebih redup tidak hanya membuat mata menjadi lebih nyaman, tapi juga bisa menghemat baterai laptop.



Lantas bagaimana cara meredupkan layar laptop? Berikut 6 cara meredupkan layar laptop Windows dengan mudah dan cepat yang dirangkum detikINET:

1. Menggunakan Keyboard

Cara paling mudah untuk mengatur kecerahan layar laptop adalah dengan menggunakan tombol khusus di keyboard. Di atas deretan tombol angka biasanya terdapat deretan tombol shortcut dari F1 hingga F12.

Untuk mencerahkan atau meredupkan layar kalian bisa menekan tombol dengan ikon yang melambangkan kecerahan, biasanya berupa ikon matahari. Tombol ini kadang merupakan tombol Function yang artinya kalian harus menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol brightness untuk meredupkan layar.

2. Menggunakan Slider

Kalian juga bisa meredupkan layar laptop langsung dari Windows. Jika kalian menggunakan Windows 10, buka action center dengan logo kotak yang ada di sisi kanan bawah taskbar.

Cari slider untuk mengatur kecerahan layar yang berada di bagian bawah panel. Geser slider untuk meredupkan layar sesuai keinginan kalian.

3. Lewat Settings

Slider ini baru muncul di action center di Windows 10 versi 1903. Jika kalian menggunakan Windows 10 versi lawas, kalian bisa mengakses slider ini lewat pengaturan.

Caranya masuk menu Windows dan klik ikon Settings yang ada di sisi kiri bawah. Pilih opsi System, kemudian Display dan di situ kalian akan melihat slider kecerahan layar. Geser slider untuk meredupkan layar.



4. Cara Meredupkan Layar di Windows 7 dan 8

Jika kalian menggunakan Windows 7 atau Windows 8, kemungkinan besar kalian tidak memiliki menu Settings. Untuk mengatur tingkat kecerahan layar, kalian bisa mengaksesnya lewat Control Panel.

Caranya masuk ke menu Windows dan pilih opsi Control Panel. Kemudian masuk ke Hardware and Sound dan klik opsi Power Options.

Di bagian bawah jendela Power Plans, kalian bisa melihat slider untuk mengatur layar. Geser slider ini sesuai keinginan kalian untuk meredupkan layar.

5. Lewat Mobility Center

Slider untuk meredupkan layar juga bisa kalian akses di Windows Mobility Center. Untuk mengaksesnya di Windows 10 dan Windows 8.1, kalian bisa klik kanan tombol Start dan pilih Mobility Center.

Jika menggunakan Windows 7, kalian bisa mengakses Mobility Center dengan menekan tombol Windows + X. Akan muncul jendela Windows Mobility Center dan slider pengatur cahaya layar ada di panel Display brightness.

6. Meredupkan Layar Secara Otomatis

Kalian juga bisa meredupkan layar laptop secara otomatis jika kondisi pencahayaan di sekitar berubah secara tiba-tiba. Banyak laptop modern yang memiliki sensor kecerahan yang cara kerjanya mirip dengan sensor di ponsel.

Windows menggunakan sensor ini untuk fitur adaptive brightness. Fitur ini secara otomatis bisa mencerahkan layar di tempat terang dan meredupkan layar di tempat gelap.

Untuk mengaktifkan fitur ini di Windows 10, caranya mudah saja. Buka aplikasi Settings yang ada di menu Start, kemudian pilih Display. Cari opsi "Change brightness automatically when lighting changes" dan klik toggle yang ada hingga aktif dan berubah menjadi warna biru.

Patut diingat bahwa fitur ini hanya tersedia jika laptop dan perangkat Windows 10 kalian memiliki sensor kecerahan.

Simak Video "Jajaran Laptop Dell Bertenaga Intel Generasi ke-10, Ini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)