Rabu, 30 Okt 2019 08:30 WIB

Layanan Mirip iMessage Milik Google Sudah Bisa Dijajal, Begini Caranya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Google memang belum resmi merilis layanan Rich Communication Services (RCS)-nya. Namun layanan yang membuat pengiriman SMS bisa terasa seperti WhatsApp dkk itu ternyata sudah bisa dijajal.

Trik ini pertama diposting oleh seorang pengguna Reddit, yaitu mengakali ponsel Android untuk bisa mencicipi RCS, apapun operator yang dipakai, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Senin (28/10/2019).

Namun yang perlu diingat adalah ada sejumlah tahap yang perlu dilalui sebelum akhirnya bisa menjajal RCS. Ditambah lagi, Google pun bisa sewaktu-waktu menutup 'celah' ini tanpa pemberitahuan lebih lanjut.

Masih tertarik untuk mencoba? Yuk ikuti tutorial berikut ini.
  1. Update Android Messages anda ke versi beta 5.2. Update ini bisa diakses setelah anda mendaftar sebagai beta tester di Play Store.Instal aplikasi Activity Launcher dari Play Store.
  2. Matikan WiFi.
  3. Buka Activity Launcher, ganti opsi 'Recent Activities' di bagian atas menjadi 'Activities'.
  4. Cari 'Android Messages' atau 'Messages', buka, dan cari opsi 'Set RCS Flags'.
  5. Pada pilihan tersebut, ganti opsi 'ACS Url' ke 'https://rcs-acs-prod-us.sandbox.google.com/' dan tekan apply.
  6. Lalu tekan tombol back dan tutup Activity Launcher.
  7. Lalu lanjutkan proses instalasi di 'Android Messages'. Pada proses ini anda perlu memasukkan nomor telepon dan meminta kode verifikasi yang akan dikirimkan lewat SMS.
  8. Jika proses di atas gagal, buka menu setting - apps dan clear data di 'Carrier Services' dan force stop 'Android Messages'.
  9. Ulangi tahap 3-5
  10. Pada menu OTP Pattern di Activity Launcher, ganti menunya menjadi 'YoursMessengersverificationscodesissG-(d{6}).'
Saat proses pendaftaran di Messages sudah berhasil, maka anda bisa mengirim pesan lewat Messages namun pengirimannya tak seperti SMS biasa, melainkan lebih mirip mengirimkan pesan lewat WhatsApp dan sejenisnya.

[belum lengkap] Layanan Mirip iMessage Milik Google Sudah Bisa Dijajal, Begini CaranyaFoto: Screenshot

Oh ya, untuk menjajalnya anda harus mempunyai teman yang juga sudah mengaktifkan fitur RCS ini. Saat yang akan dikirimi pesan sudah mengaktifkan RCS-nya, maka tak ada tulisan SMS di dekat tombol kirim.

[belum lengkap] Layanan Mirip iMessage Milik Google Sudah Bisa Dijajal, Begini CaranyaFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

[belum lengkap] Layanan Mirip iMessage Milik Google Sudah Bisa Dijajal, Begini CaranyaFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati


(asj/fay)