Jumat, 25 Okt 2019 21:20 WIB

11 Cara Supaya Windows 10 Tidak Lemot

Virgina Maulita Putri - detikInet
11 Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot Foto: internet 11 Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot Foto: internet
Jakarta - Windows 10 saat ini merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft dan salah satu yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Walau Windows 10 terbilang jauh lebih cepat dibanding pendahulunya, bukan berarti laptop kalian kebal terhadap kinerja yang lemot.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja Windows 10 di laptop maupun PC. Berikut adalah 11 cara mempercepat Windows 10 yang dirangkum detikINET:

1. Restart Laptop/PC

Jika kalian adalah tipe orang yang terus menyalakan laptop atau PC hingga berhari-hari, coba lakukan cara ini. Windows 10 memang akan membuat display laptop ke mode sleep, tapi semua proses yang sebelumnya dimulai akan terus berlanjut. Ini bisa terakumulasi dan melambatkan komputer.

Kalian bisa memperbaiki isu ini dengan mematikan laptop atau PC setiap hari setelah selesai digunakan. Jangan lupa pastikan semua program yang berjalan telah ditutup dan simpan data yang sedang kalian kerjakan.



2. Update Windows 10

Microsoft terus merilis update untuk Windows 10 yang ditujukan untuk memperbaiki bug yang melambatkan kinerja sistem. Beberapa update ini terhitung minor tapi ada juga yang membawa perubahan signifikan terhadap kinerja dan efisiensi sistem.

3. Perhatikan Aplikasi Saat Booting

Windows 10 bisa menjadi lambat karena banyaknya program yang langsung berjalan otomatis saat laptop atau PC dihidupkan. Untuk mempercepat booting di Windos 10 kalian bisa membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat booting.

Caranya buka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.

4. Jalankan Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan utility yang bisa membantu kalian menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti file sementara, halaman web offline, dan file installer. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start dan klik Disk Cleanup.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan memakan tempat di harddisk kalian dan bisa menurunkan kinerja Windows 10. Untuk melihat aplikasi apa saja yang terpasang di perangkat kalian buka Control Panel > Programs > Programs and Features > Uninstall a Program.



6. Matikan Special Effects

Windows 10 memiliki banyak animasi dan efek khusus yang ditampilkan. Tapi animasi dan efek grafis ini justru membuat laptop kalian menjadi lemot.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengatur atau menonaktifkannya. Cukup masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan kalian bisa memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan.

7. Upgrade RAM

Performa perangkat dan Windows 10 akan bisa ditingkatkan secara signifikan dengan menambah kapasitas RAM. Jika merasa laptop kalian sudah lemot parah, coba ganti dengan RAM berukuran lebih besar yang disesuaikan dengan kebutuhan kalian sehari-hari.

8. Gunakan SSD

Harddisk drive (HDD) biasa mungkin memang lebih murah, tapi solid-state drive (SSD) bisa membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat.

Pasalnya SSD menggunakan memori Flash yang memiliki kemampuan menulis dan akses lebih cepat dibanding HDD yang menggunakan disk magnetized.



9. Cek Virus dan Spyware

Virus, spyware dan malware tidak hanya berbahaya untuk keamanan tapi juga bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lemot. Instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek jika laptop kalian terkena virus dan melindunginya setiap saat.

10. Ganti Pengaturan Daya

Cara mengatasi Windows 10 yang lemot adalah dengan mengubah pengaturan daya baterai. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > Power Options.

Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" dan pilih opsi High Performance.

11. Jalankan Perawatan Sistem

Windows 10 memiliki layanan built-in yang bisa menjalankan perawatan sistem rutin seperti defragmenting harddisk, memindai update baru dan mengecek malware. Task seperti ini biasanya berjalan di background, tapi jika kalian merasa ada perubahan di kinerja sistem kalian bisa menjalankannya secara manual.

Caranya buka menu Control Panel kemudian pilih menu System and Security. Setelah itu pilih Security and Maintenance, klik tanda panah yang menunjukkan opsi maintenance. Setelah itu klik Start Maintenance. (vmp/fay)