Kamis, 26 Sep 2019 14:52 WIB

3 Cara Ubah File JPG ke PDF di Android dan PC

Virgina Maulita Putri - detikInet
Halaman 1 dari 3
3 Cara Ubah File JPG ke PDF di Android dan PC Foto: GettyImages 3 Cara Ubah File JPG ke PDF di Android dan PC Foto: GettyImages
Jakarta - Kalian pernah diharuskan mengirimkan file dalam bentuk PDF tapi file yang dimiliki justru dalam format JPG? Atau mungkin kalian baru saja memindai file dengan format JPG tapi ingin mengedit bagian dari file tersebut sehingga harus diubah menjadi PDF terlebih dahulu?

Tidak perlu khawatir, karena saat ini telah ada banyak layanan yang bisa membantu kalian untuk mengubah file dengan format JPG menjadi PDF dengan mudah.

Tidak hanya cara ini bisa digunakan di berbagai platform, kalian juga bisa melakukannya dalam keadaan offline maupun online. Ingin tahu caranya? Berikut 3 cara mengubah file JPG ke PDF yang bisa dicoba di Android maupun PC.



1. Secara Online di Android dan PC

Mengubah file JPG ke PDF secara online memiliki sejumlah keunggulan. Pertama kalian bisa melakukannya di banyak platform yang tersedia asalkan terhubung dengan internet.

Kedua, kalian bisa melakukannya tanpa mengunduh software tambahan karena cukup menggunakan broswer yang sudah ada.

Untuk mengubah file JPG ke PDF secara online baik di Android maupun PC pertama kalian harus membuka situs Small PDF yaitu https://smallpdf.com/jpg-to-pdf di browser pilihan.

Klik opsi Choose file yang ada di bagian tengah layar untuk memilih file JPG yang ingin diubah. Kalian juga bisa drag-and-drop file yang diinginkan langsung dari file manager ke browser.

Atau jika file yang ingin diubah ada layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive, kalian bisa mengunggahnya langsung dari sana. Tidak perlu khawatir karena tidak ada batasan ukuran file yang bisa diunggah.

Setelah memilih file yang ingin diubah, tunggu beberapa saat hingga file selesai diunggah. Setelah selesai diunggah kalian bisa langsung mengatur format file PDF yang diinginkan.

Kalian bisa memilih ukuran kertas yang diinginkan, orientasi (portrait atau landscape) dan ukuran margin. Jika semua pengaturan sudah sesuai keinginan klik Create PDF Now!.

Tunggu sejenak hingga proses konversi selesai. Setelah selesai kalian bisa langsung mengunduh file JPG yang sudah diubah menjadi PDF langsung ke smartphone Android atau PC kalian.

(vmp/fay)