Sabtu, 21 Sep 2019 16:03 WIB

Anak Susah Lepas dari Gadget? Begini Tipsnya

- detikInet
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi anak main gadget. Foto: iStock Ilustrasi anak main gadget. Foto: iStock
Jakarta - Haduh, akhir pekan kok anak makin parah ya main gadget-nya sampai nggak ingat waktu. Mungkin begitu pikiran dari banyak orang tua.

Padahal menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Clinical Psychological Science, anak yang menghabiskan waktu tiga jam lebih dalam sehari atau perangkat elektronik lainnya 34% lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental.

Nah, detikInet merangkum tips supaya anak lepas dari kecanduan gadget dari Kid n Clicks.


Buat prioritas

Orang tua harus tegas untuk mendisiplinkan anak. Buat aturan jelas seperti jam tidur siang, waktu bermain di luar rumah, dan waktu untuk mengerjakan PR. Termasuk juga soal waktu di depan layar.

Buat batas bermain

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan anak yang lebih tua dari enam tahun harus dibatasi 2 jam per hari atau kurang dari itu untuk bermain gadget.
Dapat juga mengaktifkan aplikasi yang bisa membantu orang tua mengontrol waktu bermain dengan mengunci ponsel anak pada waktu tertentu misalnya makan.

Kalau mereka menonton TV, beri aturan jam untuk mematikannya dalam beberapa waktu tertentu. Jadi anak pun nggak bisa berargumen lagi karena sudah ada kesepakatan sebelumnya.

Awalnya anak mungkin akan berontak dan marah-marah jika ia dibatasi bermain gadget. Namun Anda harus konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan aturan tersebut.

Lalu, tanamkan pemahaman sejak dini mengenai penyalahgunaan gadget dan risikonya. Orangtua dan anak harus memahami tentang apa saja hal-hal negatif yang mungkin muncul dari penggunaan gadget, seperti sexting, foto vulgar hingga soal kecanduan game, dan bagaimana cara menghindari atau mencegahnya.

(ke halaman selanjutnya) (ask/fyk)