Jumat, 20 Sep 2019 06:36 WIB

Tips Bikin Film Pendek Bermodal Smartphone

Widiya Wiyanti - detikInet
Foto: Widiya Wiyanti/detikINET Foto: Widiya Wiyanti/detikINET
Jakarta - Video, film pendek, ataupun film dokumenter kini sudah bukan hal yang sulit untuk dibuat sebagian orang. Jika tak punya kamera profesional, karya-karya tersebut bisa dibuat menggunakan smartphone.

Adalah Yandy Laurens, seorang sutradara muda, berbagi tips bagaimana membuat film pendek yang keren bermodalkan smartphone. Menurutnya, teknologi kamera pada smartphone masa kini telah mampu membantu seseorang membuat video berkualitas baik, dan ditunjang dengan aplikasi pengeditan video.



"Generasi sekarang punya kemudahan seperti ini, bahkan ngedit di HP segala macem, harus di-combine antara praktik dan teori," ujarnya kepada detikINET dalam acara Workshop With Samsung Electronics Indonesia di Seoul, Korea Selatan, Rabu (18/9).

Sutradara film 'Keluarga Cemara' ini mengatakan, secanggih apapun fitur kamera di smartphone, tidak akan menghasilkan suatu karya yang baik jika tidak diimbangi dengan teori yang benar. Menurutnya, teori pembuatan film yang baik adalah ekstrak dari kumpulan pengalaman selama bertahun-tahun sebelumnya.

Yandy menjelaskan, ada tiga bagian penting dalam pembuatan film pendek, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pra produksi meliputi menemukan ide-ide, menentukan struktur cerita, type of shot (jenis pengambilan gambar) dan angle pengambilan gambar, garis imajiner, dan juga perpindahan kamera.

Tips Bikin Film Pendek Bermodal Smartphone Gaaxy Note 10 Plus. Foto: Kris Fathoni W/detikINET


"Di pra produksi yang paling penting sebenarnya menemukan ide dulu. Ambil waktu untuk merenungkan gaya video seperti apa yang akan saya buat," jelas Yandy.

Menurutnya, sebuah karya menjadi tidak menarik jika asal rekam saja. Diharuskan terstruktur, misal membuat mind mapping terlebih dahulu. Yandy mengaku kerap memadukan kemudahan teknologi seperti menggunakan stylus S-Pen di smartphone Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.

Cara pengambilan gambar dan angle juga termasuk ke dalam perancangan pra produksi. Ada berbagai macam jenis pengambilan gambar, seperti sangat close up, close up, medium close up, medium shot, long shot, dan lain-lain.

"2-3 menit sangat berarti kok, sampai (lokasi -red) tenangkan diri enjoy aja jangan buru-buru rekam. Perhatikan garis-garis, perhatikan bentuk-bentuk. Baru setelah itu setiap kali mengeluarkan HP atau kameranya, pikirkan type of shot yang teman-teman mau buat," lanjutnya.



Sementara itu pada fase produksi, Yandy mengatakan bahwa pada fase itu semua orang harus menikmatinya. Pada fase pasca produksi, harus fokus dalam pengeditan. Untuk mengedit, bisa juga menggunakan smartphone dengan fitur bawaan HP atau tambahan aplikasi pengedit video.


Tips Bikin Film Pendek Bermodal Smartphone


Simak Video "Ini Harga Seri Samsung Galaxy Note 10 di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)