Kamis, 12 Sep 2019 18:55 WIB

Charger dan Earphone Sering Rusak? Simak Cara Benar Menyimpannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Halaman 1 dari 2
Cara menyimpan charger dan earphone. Thinkstock. Cara menyimpan charger dan earphone. Thinkstock.
Jakarta - Sering mengeluh charger ponsel yang mudah rusak? Ada banyak kemungkinan. Misalnya memang bahannya kurang bagus. Atau bisa juga karena ini nih: kebiasaan penggunaan yang buruk.

"Biasanya charger kabel rusak pada bagian dekat ujung-ujung, karena bagian ini sering tertekuk," jelas Lucky Sebastian, Pengamat Gadget kepada detikInet.

Misalnya bagian ujung dekat kepala charger tertekuk karena kabel terlalu tertarik saat charging, atau bagian ujung satunya yang menyambung ke smartphone tertekuk karena sering digunakan sambil charging.

"Atau kebiasaan melepaskan dari smartphone dengan menarik kabelnya, bukan kepala plug-nya," ujar Lucky. Dengan kata lain -- asal narik aja, lu tong!

Lucky menyebut sebaiknya kita memiliki charger di beberapa tempat yang biasa kita gunakan untuk charging, misal 1 di rumah, 1 di kantor, sehingga tidak sering cabut, gulung, dan pasang.

Tetapi untuk yang sering membawa charger kemana-mana, ada beberapa tips.

"Jika kepala charger bisa dilepas dari kabelnya, setiap dibawa selalu dilepas dahulu sebelum charger di gulung. Untuk kabel yang rentan rusak, seperti kabel iPhone, pada bagian ujung bisa diperkuat (reinforced) dengan bahan lain, seperti paracord, gulungan per, dll," sambungnya.

Baca kelanjutannya >> (ask/krs)