Kamis, 05 Sep 2019 13:11 WIB

Cara Amankan WhatsApp jika Ponsel Hilang atau Dicuri

Tim - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: detikINET/Irna Prihandini Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Ponsel hilang atau dicuri tentu bikin pusing. Selain soal data-datanya, pengguna mungkin cemas soal nasib WhatsApp atau aplikasi lain yang berpotensi disalahgunakan. Nah, bagaimana cara mengamankan akun WhatsApp saat ponsel tertimpa musibah?

WhatsApp telah memberitahu langkah-langkahnya. "Jika telepon Anda hilang atau dicuri, kami dapat membantu memastikan bahwa orang lain tidak dapat menggunakan akun WhatsApp Anda," sebut mereka. Jadi, apa yang harus dilakukan? Simak panduan dari WhatsApp berikut ini.

Blokir Kartu SIM

Anda harus menghubungi penyedia layanan seluler sesegera mungkin untuk memblokir kartu SIM. Dengan memblokir kartu SIM, orang lain tidak akan dapat memverifikasikan akun Anda pada telepon tersebut, karena untuk melakukan proses verifikasi, telepon harus dapat menerima SMS ataupun panggilan.




Pada saat ini, Anda memiliki dua pilihan:

- Menggunakan kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda pada telepon baru. WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat di waktu yang bersamaan.

- Email ke WhatsApp (support@whatsapp.com) dengan menyertakan kalimat berikut "Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya" pada bagian judul dan badan email, dan sertakan nomor telepon dalam format internasional lengkap.


(Ke Halaman Selanjutnya)


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com