Kamis, 22 Agu 2019 19:41 WIB

Tips Tulis Email yang Oke ala Pebisnis

Kris Fathoni W - detikInet
Tips Tulis Email Oke ala Pebisnis. (Foto: Photo by Krsto Jevtic on Unsplash) Tips Tulis Email Oke ala Pebisnis. (Foto: Photo by Krsto Jevtic on Unsplash)
Jakarta - Buat kamu yang rutin beraktivitas dengan email, apalagi untuk berbisnis, tips dari hartawan Kevin O'Leary ini patut kamu ketahui agar isi tulisanmu itu benar-benar tersampaikan.

O'Leary, yang dikenal sebagai salah satu orang tajir dunia dan acapkali memberikan nasihat pengelolaan tabungan dan investasi, mengaku tak suka dengan ucapan-ucapan klise dalam email. Menurutnya, hal semacam itu cenderung diabaikan penerima.

"Saya sangat membencinya dan saya sering mendapati kata-kata, 'Ayo makan siang bersama'. Lebih baik kita tak usah makan siang tapi kamu katakan saja mau apa sebenarnya," kata O'Leary kepada CNBC Make It.




Suka membumbui tulisan dalam emailmu dengan emoji senyum? Pria Kanada kelahiran 65 tahun lalu itu pun menyarankan agar hal itu tidak perlu lagi dilakukan. "Smiley face mungil benar-benar menyebalkan buat saya."

Agar emailmu itu efektif dan mendapat perhatian serius dari orang yang dituju, apalagi sekaliber O'Leary, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, buatlah emailmu ringkas. O'Leary bilang tak pernah membaca email lebih dari paragraf pertama.

Tips Tulis Email Oke ala PebisnisFoto: Kevin O'Leary - Dok Reuters

"Buatlah satu paragraf dan katakan apa maumu. Saya tidak akan buang-buang waktu terkecuali tahu apa yang kamu mau," ujarnya.

Idealnya lagi, kata O'Leary, upayakan agar pesan utamamu dalam email itu bisa tersampaikan dalam dua baris atau kurang. Selain itu, usahakan agar tulisanmu bisa sespesifik mungkin.




"Katakan kepada saya apa maumu dan (buatlah) jenis judul yang sangat menarik," sebutnya.

Menurut O'Leary, penting buat para entrepreneur generasi mendatang untuk belajar bagaimana cara berkomunikasi secara efektif jika ingin berhasil dalam perekonomian dunia saat ini.

Ia pun menegaskan bahwa berpanjang lebar di email tidak ada faedahnya karena, "tak bakal ada yang membacanya (dan) begitulah kenyataannya."


Tips Tulis Email yang Oke ala Pebisnis


Simak Video "Cara Cut Keke Jaga Penampilan di Usia 40-an"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com