Minggu, 11 Agu 2019 19:32 WIB

Besok Senin, Ini Tips Kurangi 'Screen Time' Malam Ini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Ilustrasi. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Besok Senin lagi nih, detikers. Itu artinya banyak dari kita sudah kembali ke kesibukan masing-masing untuk bekerja dan berkutat lagi di depan layar gadget.

Dikutip detikINET dari Whistle Out, ini dia lima tips ampuh untuk mengurangi screen time malam ini supaya bisa lebih cepat istirahat. Selamat mencoba!



1. Dengarkan podcast

Dibanding menonton televisi atau video di internet --yang mana berarti menambah screen time lagi, nggak ada salahnya untuk beralih ke podcast sebagai bahan hiburan malam ini. Lagipula, memang ada beberapa podcast yang didesain secara khusus untuk membantu kamu rileks sebelum terlelap, loh detikers.

2. Gunakan internet blocker

Sebenarnya apa sih yang bikin kita terjaga di malam hari? Kebiasaan scroll di laman Instagram artis idola? Atau YouTube yang tidak pernah kehabisan video buat disakksikan?

Dengan aplikasi seperti Freedom, kamu dapat memilih aplikasi atau situs web mana yang ingin kamu blokir, dan menetapkan jangka waktunya.

3. Cara klasik -- simpan jauh-jauh ya!

National Sleep Foundation memberikan rekomendasi untuk lepas dari gadget setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah benar-benar menghindari ponsel.

Letakkan ponselmu jauh-jauh, atau simpan di ruangan lain. Percaya deh, kadang juga kebablasan kan kalau lagi asik main smartphone?

4. Gunakan mode malam

Jika sudah benar-benar terdesak untuk menggunakan ponsel sebelum tidur, satu solusi untuk mengurangi efek layar termasuk mengaktifkan mode malam. Apple Night Shift, misalnya, mengubah spektrum warna di layar dari biru menjadi kuning, yang seharusnya lebih nyaman di mata dan meningkatkan kualitas tidur.

Solusi lain adalah mengenakan kaca yang bisa menghalangi paparan cahaya biru yang telah banyak di jual di pasaran. Khusus ponsel, beberapa sudah punya pengaturan default untuk mengurangi paparan blue screen.

5. Gunakan aplikasi audit

Salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan ponsel pintar secara umum adalah melacak penggunaan pribadi kita. Kamu jadi bisa memantau apakah kamu telah melewati batas yang telah kamu tetapkan untuk screen time atau belum.

Ada banyak aplikasi yang ditawarkan misalnya Moment untuk iPhone dan Quality Time untuk Android. Khusus Android versi terkini atau Pie, sudah ada fitur default untuk mengatur waktu online di setting. Namanya Digital Balance.

6. Habiskan waktu dengan orang dekat

Ini juga tips klasik. Berhubung besok sudah tidak libur, ingat untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga atau teman dekat. Saat ini, di tengah kesibukan dan banyaknya godaan gadget, kebersamaan dengan keluarga mulai langka.

Simak Video "Tips Membedakan Ponsel Resmi dengan Black Market"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)