Rabu, 07 Agu 2019 20:34 WIB

Cara Pakai AirDroid untuk Akses File Smartphone di PC

Virgina Maulita Putri - detikInet
Cara Pakai AirDroid untuk Akses File Smartphone di PC Foto: Screenshot AirDroid Cara Pakai AirDroid untuk Akses File Smartphone di PC Foto: Screenshot AirDroid
Jakarta - AirDroid adalah aplikasi yang memungkinkan kalian untuk menghubungkan smartphone dengan PC atau laptop secara remote lewat koneksi Wi-Fi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Sand Studio dan diluncurkan pada tahun 2011.

Ide awal yang menginspirasi mereka untuk mengembangkan AirDroid adalah karena mereka sudah lelah menghubungkan perangkat dengan PC menggunakan kabel USB dan harus menginstal driver terlebih dahulu.



Tapi selain mengakses smartphone lewat PC secara remote, AirDroid juga memiliki banyak fungsi lainnya. Penasaran bagaimana cara memakainya? Simak dulu tips berikut ini.

1. Pastikan Jaringan Smartphone dan PC Sama

Sebelum memulai proses ini, pastikan perangkat dan PC kalian terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama.

2. Download Aplikasi AirDroid

Setelah itu, download aplikasi AirDroid di smartphone kalian melalui Google Play Store atau Apple App Store. Pastikan aplikasi yang kalian unduh dikembangkan oleh Sand Studio.

3. Sign Up Aplikasi AirDroid

Setelah selesai diinstal, buka aplikasi AirDroid dan daftarkan akun kalian. Kalian bisa juga mendaftar menggunakan akun Facebook atau Google.



4. Hubungkan dengan PC

Di halaman utama aplikasi AirDroid pilih menu AirDroid Web. Untuk menghubungkan smartphone kalian ada dua cara yang bisa digunakan yaitu:

- Masuk ke situs web.airdroid.com kemudian login menggunakan akun kalian atau dengan memindai QR code.

- Terhubung menggunakan alamat IP yang ditampilkan di smartphone kalian. Caranya masukkan alamat IP tersebut ke address bar di browser kalian. Pastikan smartphone dan PC kalian menggunakan jaringan yang sama.

Setelah alamat IP dimasukkan, akan ada notifikasi di smartphone kalian yang berisi permintaan untuk terhubung. Klik Accept atau Terima.

5. Cara Mengakses File

Setelah smartphone dan PC kalian terhubung, kalian sudah bisa menggunakan berbagai layanan AirDroid. Seperti transfer file secara remote.

Caranya lewat desktop kalian masuk ke situs web AirDroid klik ikon Files. Untuk memindahkan file dari PC ke smartphone, pilih ke folder yang dituju dan klik Upload yang ada di sisi kanan atas.

Setelah itu akan ada jendela baru di mana kalian bisa drag and drop file yang diinginkan dari PC kalian. AirDroid kemudian akan mulai memindahkan file dengan kecepatan yang bergantung pada ukurannya dan kecepatan koneksi internet.

Untuk memindahkan file dari smartphone ke PC pertama pilih file yang diinginkan. Kemudian klik Download yang ada di sebelah tombol Upload. Setelahnya caranya sama saja dengan proses upload.

6. Cara Mengirim Pesan

Selain memindahkan file, kalian juga bisa berkirim pesan singkat menggunakan AirDroid. Caranya dengan klik menu Messages yang ada di situs web AirDroid.

Nantinya kalian akan melihat daftar kontak kalian di sisi kiri layar. Pilih kontak yang ingin kalian kirimi pesan. Ketik isi pesan kalian dan klik Send yang ada di sisi kanan bawah layar.

Selain kedua layanan di atas, kalian juga bisa mengakses berbagai hal dari smartphone kalian secara remote lewat PC. Sebut saja log panggilan telepon, musik, video, aplikasi, kontak, kamera, menemukan smartphone yang hilang dan masih banyak lagi.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)