Rabu, 07 Agu 2019 07:15 WIB

5 Penyebab Ponsel Panas dan Cara Mengatasinya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Unsplash Foto: Unsplash
Jakarta - Salah satu masalah yang kerap dialami pengguna smartphone adalah ponsel yang overheat atau panas. Hal ini bisa disebabkan oleh beragam hal, umumnya bisa dari baterai, prosesor, atau mungkin layar ponsel.

Dikutip dari AVG, Rabu (7/8/2019), berikut lima hal penyebab ponsel mengalami overheat.

1. Kebanyakan nge-game

Keasikan main game sering membuat lupa waktu. Biasanya kita baru akan sadar ketika ponsel sudah mulai panas dan bikin tidak nyaman menggenggamnya.

Penggunaan aplikasi gaming dengan intensitas yang tinggi, membuat prosesor bekerja keras terutama untuk grafis, sehingga smartphone menjadi panas.

2. Streaming terlalu lama

Sama seperti saat main game, menonton YouTube atau Netflix berjam-jam bikin prosesor smartphone bekerja ekstra, dikarenakan harus memproses data video dan memastikan layar tetap aktif dalam waktu yang lama.



3. Pengaturan yang tidak optimal

Pengaturan pada smartphone juga berdampak besar pada penggunaan energi. Cek lagi apakah kamu mengatur brightness kelewat 'cerah' atau widget yang kelewat banyak? Coba yuk diatur ulang.

4. Faktor lingkungan

Pernah tidak kalian sengaja meninggalkan ponsel bawah di terik Matahari? Misalnya saat kamu kelupaan membawa masuk ponsel ke dalam rumah usai bersantai di halaman belakang rumah.

Nah, hal ini bukan cuma bikin ponsel jadi overheat, tapi juga bisa berdampak pada layar sentuh yang menjadi kurang sensitif dan membuat baterai ponsel jadi lebih cepat habis.

5. Update

Jika suatu aplikasi memiliki bug atau masalah lain, hal itu dapat menyebabkan ponsel panas karena menggunakan prosesor perangkat secara berlebihan.

Meskipun jarang terjadi, ponsel juga bisa terlalu panas karena ada bug di OS yang perlu diperbaiki melalui pembaruan.

Cara mengatasinya

Pertolongan pertama ketika ponsel terasa panas adalah dengan menanggalkan sarung atau case yang mungkin bisa memerangkap panas.

Selanjutnya, aktifkan mode pesawat untuk segera menonaktifkan fitur yang bikin boros daya seperti wireless radio, Bluetooth, WiFi, atau pencarian sinyal selular.



Kalau kalian berpikir untuk menyimpan ponsel di kulkas, jangan lakukan! Membuat smartphone yang panas terpapar suhu atau kelembapan ekstrem dapat menyebabkan kerusakan. Lebih baik gunakan kipas untuk membantu menurunkan temperatur ponsel.

Simak Video "Tips Membedakan Ponsel Resmi dengan Black Market"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed