Selasa, 30 Jul 2019 08:37 WIB

Cara Memilih Fitness Tracker yang Sesuai

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Xiaomi Mi Band 4. Foto: Xiaomi Xiaomi Mi Band 4. Foto: Xiaomi
Jakarta - Xiaomi, Huawei, dan Fitbit merupakan nama-nama yang menguasai pengapalan wristband fitness tracker global sepanjang tahun lalu, berdasarkan data dari IDC. Mi Band 4, Huawei Band 3, dan Fitbit Charge 3 merupakan nama-nama fitnes tracker anyar yang masing-masing mereka punya.

Di luar itu, masih ada nama-nama seperti Honor dan Garmin yang juga memiliki perangkat serupa. Lantas, bagaimana memiliki fitness tracker yang tepat?
Menurut Lisa Cadmus-Bertram, Assistant Professor of Kinesiology and Epidemiology dari University of Wisconsin-Madison, Wisconsin, Amerika Serikat, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya untuk dapat dipasangkan dengan ponsel pengguna.

Ia mengambil Apple Watch sebagai sesama wearable sebagai contoh. Menurutnya, perangkat tersebut akan menjadi pasangan yang ideal bagi iPhone, namun tidak dengan ponsel lain.

Lalu, langkah berikutnya adalah memilah mana yang fitur dianggap penting. Fitness tracker dalam bentuk wristband sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan pengukuran kebugaran penggunanya sehari-hari.

"Bahkan, fitness tracker murah pun bisa memiliki seluruh fitur yang penting. Pembeda utamanya adalah, apakah ia memiliki sensor detak jantung atau tidak," kata Lisa, sebagaimana detikINET kutip dari Digital Trends, Selasa (30/7/2019).
Selain itu, berapa biaya yang dimiliki. Meski demikian, jika memilih sesuai kebutuhan, maka nominal yang dikeluarkan bisa ditekan.

"Model dengan harga termurah yang memiliki sensor detak jantung adalah rekomendasi dari saya. Kamu bisa menghabiskan uang dua kali lipat dari itu tapi kamu tidak benar-benar membutuhkan fitur-fitur tambahan yang dimilikinya," ujar Lisa memungkas.

Simak Video "Mi Band 4 Layar Berwarna Cuma Rp 348 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/fyk)