Senin, 29 Jul 2019 12:45 WIB

Tips Memanfaatkan Smartwatch untuk Anak-anak

Rachmatunnisa - detikInet
imoo Watch Phone. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET imoo Watch Phone. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Jam tangan pintar untuk anak-anak saat ini sedang jadi tren, terutama di kalangan siswa sekolah dasar di kota-kota besar. Tampaknya para orang tua sudah mulai memahami kebutuhan ini.

Namun perlu diperhatikan, para orang tua jangan asal ikut tren. Sebaiknya, kalian juga tahu fitur-fitur jam tangan pintar dan kegunaannya, agar maksimal ketika digunakan oleh anak, keponakan atau adik kalian.



Berikut ini adalah tips memanfaatkan smartwatch untuk anak, seperti dikutip dari keterangan produsen smartwatch imoo, Senin (29/7/2019).

Tips Memanfaatkan Smartwatch untuk Anak-anak Foto: imoo


Komunikasi Dua Arah

Kebanyakan jam tangan pintar saat ini sudah bisa dipakai untuk menelepon dan melakukan video call. Demikian juga dengan fungsi yang ada pada imoo Watch Phone. Seperti smartphone, Watch Phone memerlukan sim card untuk pengoperasiannya.

Di dalamnya, ada fitur pemblokir otomatis untuk nomor atau panggilan yang tidak dikenal. Sebagai 'admin' Watch Phone yang dipakai anak, orang tua juga bisa mendapatkan notifikasi lewat aplikasi di smartphone mereka.



Dengan demikian, orang tua tidak perlu khawatir anak menerima panggilan dari orang tak dikenal, karena hanya nomor yang telah terdaftar dan dikonfirmasi oleh admin saja yang bisa terhubung dengan Watch Phone.

Kamera wide angle pada perangkat ini juga diklaim bisa menangkap gambar dengan lebih luas dan kualitas baik, yang berguna saat melakukan video call.

Tips Memanfaatkan Smartwatch untuk Anak-anak Foto: imoo


Mendeteksi Lokasi Anak

Tak hanya untuk komunikasi, smartwatch juga dibuat untuk membantu para orang tua mengawasi anak-anak mereka. Salah satu fitur yang membuat orang tua berminat membeli Watch Phone adalah karena ada GPS.

Keberadaan GPS berfungsi sebagai pelacak lokasi anak secara real time, sehingga orang tua bisa tahu di mana posisi anak berada pada saat itu.

Ketika orang tua ingin mengetahui keberadaan anak, hanya perlu membuka aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan Watch Phone dan melacak posisi mereka.

Tak hanya posisi, dari sini juga bisa diketahui apakah anak dalam posisi diam, berjalan bahkan berlari melalui deteksi sensor percepatan yang ada di Watch Phone.

Tips Memanfaatkan Smartwatch untuk Anak-anak Foto: imoo


Mode Kelas

Agar anak fokus saat kegiatan belajar, manfaatkan pengaturan 'class mode' melalui aplikasi watch phone. Dengan mengaktifkan mode ini, selama jam sekolah, Watch Phone hanya akan berfungsi menunjukkan waktu dan melakukan panggilan darurat ke admin Watch Phone.

Selain itu, fitur GPS juga tidak akan ikut mati, sehingga orang tua tetap bisa memantau posisi anak selama Watch Phone berada dalam 'class mode'.

Tips Memanfaatkan Smartwatch untuk Anak-anak Foto: imoo


Pertemanan Watch Phone


Watch Phone dibekali fitur pertemanan sesama pengguna. Dengan memanfaatkan fitur ini, komunikasi si kecil dengan temannya yang juga menggunakan Watch Phone bisa lebih lancar tanpa harus lewat smartphone.

Orang tua juga bisa tahu siapa saja yang menghubungi dan dihubungi oleh si kecil lewat Watch Phone, karena terkoneksi dengan pengawasan di aplikasi smartphone milik admin Watch Phone.



Dari semua tips memanfaatkan fitur di atas, tidak kalah penting adalah, sebelum berangkat sekolah, orang tua harus memastikan si kecil memasang Watch Phone dengan benar, semua pengaturan yang diperlukan sudah di-setting, dan baterai harus dalam kondisi terisi penuh sehingga benar-benar berfungsi dengan baik hingga si kecil pulang ke rumah.

Semoga bermanfaat!

Simak Video "Wow! Jam Telepon Anak Ini Bisa Diajak Berenang 20 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed