Kamis, 18 Jul 2019 15:01 WIB

Trik Bikin Performa Game Ngebut di Ponsel Android

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Main game di ponsel yang lelet? Pasti bakal mengurangi keseruan dan keasyikannya. Bisa-bisa kalian malah emosi karena ponsel keseringan nge-lag.

Memang, seiring bertambahnya jumlah aplikasi yang di-download, foto, video, dan konten lainnya, ponsel Android kalian bisa melambat.




Untuk pemakaian sehari-hari, mungkin masalah ini belum cukup mengganggu. Tapi kalau sudah dipakai main game, pasti tidak enak dan menghambat performa bermain kalian. Nah, beberapa cara ini bisa kalian coba.

Restart ponsel secara berkala

Melakukan restart ponsel akan membantu membersihkan semua cache file yang tersimpan di RAM. Cara ini juga akan membantu meningkatkan performa ponsel secara keseluruhan.

Hapus atau matikan bloatware dan aplikasi yang tidak digunakan

Menghapus bloatware (aplikasi bawaan) dan aplikasi yang sudah tidak digunakan membantu menghemat tempat. Dan karena mereka tetap berjalan meski tidak digunakan, dengan menghapusnya juga akan menghemat ruang pada RAM.

Aktifkan Opsi 4x MSAA

Mengaktifkan fitur ini memungkinkan Open GL 2.0 mendukung game dan aplikasi menyajikan performa lebih baik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkannya.

Buka 'Settings' > 'About Phone' > 'Software Information' > tap 'Build number' sampai kalian melihat tulisan 'You are developer now' > kembali ke 'Settings' > tap 'Developers Option' > cari opsi 'Turn on 4x MSAA' lalu aktifkan.




Sebagai catatan, mengaktifkan opsi ini akan membuat baterai cepat habis. Jadi, pastikan kalian menonaktifkannya kembali selesai bermain game.

Gunakan booster apps

Sebagian besar smartphone saat ini, dibekali sederet pengaturan untuk meningkatkan performa game. Dengan mengaktifkannya, otomatis akan meningkatkan performa perangkat dengan 'menidurkan' aplikasi background yang sedang berjalan dan memberikan lebih banyak resource hardware untuk game.

Semoga bermanfaat!





Simak Video "Nintendo Ingatkan Para Gamers: Jangan Boros Main Game Mobile"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)