Jumat, 12 Jul 2019 16:00 WIB

4 Cara Kompres PDF agar Ukurannya Lebih Kecil

Virgina Maulita Putri - detikInet
4 Cara Kompres PDF Agar Ukurannya Lebih Kecil Foto: unsplash 4 Cara Kompres PDF Agar Ukurannya Lebih Kecil Foto: unsplash
Jakarta - File dengan format PDF sering kita temui dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari saat mengerjakan tugas sekolah, mencari kerja, bahkan saat mengerjakan tugas kantor.

Bahkan saat mendaftar kerja atau kegiatan lainnya sering ditemui ketentuan untuk mengunggah dokumen dalam format PDF. Tapi situs yang dituju biasanya memiliki batas maksimal ukuran PDF misalnya 100 KB.




Nah, kalau begini pasti kalian bingung bagaimana mengecilkan ukuran PDF agar sesuai dengan ketentuan tersebut. Tapi jangan khawatir, berikut detikINET bagikan empat cara kompres PDF secara online maupun offline untuk membuat ukurannya lebih kecil.

1. Lewat SmallPDF

Untuk mengompres PDF lewat situs SmallPDF masuk terlebih dulu ke websitenya di sini. Klik Choose File yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin dikompres atau drag and drop dokumen langsung ke browser.

Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai. Setelah selesai kalian akan diberi informasi tentang berapa persen dari dokumen asli yang telah dikompres dan ukuran baru file tersebut. Setelah itu kalian bisa mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau kalian juga bisa mengeditnya lebih lanjut.

2. Lewat PDFCompressor

Untuk cara kompres PDF selanjutnya kalian bisa klik situs PDF Compressor di sini. Klik Unggah File dan pilih dokumen yang ingin dikompres, atau drag and drop dokumen yang dipilih langsung ke browser.

Tunggu sesaat hingga proses kompres selesai dan unduh file yang sudah dikompres ke smartphone atau komputer kalian. Situs ini mengklaim bahwa mereka tidak mengubah DPI sehingga kualitas dokumen akan tetap bagus untuk dicetak.




3. Lewat SodaPDF

Mengecilkan PDF lewat situs SodaPDF bisa dilakukan di sini. Pilih dokumen yang ingin dikompres dengan klik Choose File yang ada di tengah layar. Kalian juga bisa memilih dokumen yang ada di Google Drive dan Dropbox.

Yang membedakan SodaPDF dengan dua layanan di atas adalah kemampuannya untuk mengompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan. Jadi setelah mengunggah dokumen yang diinginkan, kalian akan diberi tiga opsi kualitas kompresi yaitu low quality untuk hasil ukuran paling kecil, good quality untuk hasil ukuran menengah, dan high quality untuk kompresi paling minimal dan ukuran paling besar.

Setelah memilih opsi sesuai keinginan klik Compress PDF Files, tunggu sejenak hingga proses kompresi selesai. Kemudian kalian bisa langsung mengunduh file di browser atau mengirimkannya lewat email.


Oh ya, untuk kalian yang sedang tidak online, SodaPDF juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengompres file PDF di mana saja dan kapan saja, dengan atau tanpa internet.

4. Lewat iLovePDF

Untuk mengompres file PDF lewat situs iLovePDF kalian bisa klik di sini. Setelah itu klik Pilih file PDF yang berada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin dikompres.

Sama seperti SodaPDF, kalian akan diberi tiga opsi kompresi agar hasil dan ukurannya sesuai keinginan yaitu kompresi ekstrem untuk kualitas rendah, kompresi yang disarankan untuk kualitas bagus, dan kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

Setelah memilih opsi yang diinginkan, klik Kompres PDF. Setelah proses kompres selesai, file PDF yang telah dikompres akan diunduh secara otomatis ke smartphone atau komputer kalian.



Simak Video "Tips Kembangkan Bisnis di Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)