Jumat, 05 Jul 2019 19:20 WIB

Cara Gunakan Find My iPhone untuk Cari iPhone yang Hilang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Cara Gunakan Find My iPhone untuk Cari iPhone yang Hilang Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Cara Gunakan Find My iPhone untuk Cari iPhone yang Hilang Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Kadang kita sering tidak sadar dan meninggalkan iPhone secara sembarangan. Ketika teringat iPhone tersebut sudah tak ada di tempat awalnya, sangat mungkin sudah pindah tangan.

Tapi kalian tidak perlu khawatir karena Apple telah menyematkan fitur yang bernama Find My iPhone atau Cari iPhone Saya yang diluncurkan pada tahun 2010. Layanan ini bisa digunakan untuk mencari iPhone yang hilang atau dicuri asalkan iPhone tersebut menggunakan iOS 8 ke atas.




Aplikasi Find My iPhone juga bisa digunakan untuk mencari perangkat Apple lainnya seperti iPad, iPod touch, Apple Watch, AirPods, dan Mac jika perangkat tersebut hilang. Tapi dalam tips kali ini, detikINET hanya akan membahas cara menggunakan Find My iPhone untuk mencari iPhone yang hilang.

Yuk ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi Find my iPhone, dijamin simpel dan tidak ribet!

Atur Find My iPhone

Sebelum menggunakan Find My iPhone kalian harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Caranya klik menu Settings yang ada di home screen. Setelah itu klik Apple ID kalian dan pilih menu iCloud.

Kalau belum memiliki Apple ID, pilih opsi 'Create a new Apple ID' dan ikuti petunjuk selanjutnya. Jika kalian menggunakan iOS 10.2 ke bawah, langsung saja masuk ke menu iCloud setelah Settings.

Setelah masuk dalam menu iCloud, kalian akan melihat sejumlah aplikasi. Scroll ke bawah untuk cari aplikasi Find My iPhone lalu klik. Setelah itu aktifkan Find My iPhone dan Send Last Location hingga tombolnya berubah menjadi warna hijau.

Perlu diingat, jika kalian sudah mengatur Find My iPhone, aksesori seperti Apple Watch dan AirPods juga sudah secara otomatis ikut aktif.

Cara Menggunakan Find My iPhone

Setelah fitur Find My iPhone diaktifkan kalian sudah bisa menggunakannya untuk mencari iPhone yang hilang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka Situs iCloud dan Aplikasi Find My iPhone

Untuk mencari iPhone yang hilang hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka situs icloud.com lewat browser komputer atau smartphone, setelah itu sign in dengan memasukkan Apple ID dan password.

Kalian juga bisa mencari iPhone yang hilang dari perangkat iOS lainnya. Caranya dengan mengunduh aplikasi Find My iPhone yang ada di Apple App Store.

2. Buka Menu Find My iPhone

Setelah masuk, pilih menu Find My iPhone yang berwarna hijau. Setelah itu klik All Devices yang berada di sisi tengah atas layar, dan klik iPhone kalian yang ingin dicari.

Setelah itu kalian akan melihat lokasi iPhone di layar. Titik hijau menandakan perangkat kalian sedang online, sedangkan titik abu-abu menandakan perangkat offline. Jika iPhone kalian dalam keadaan mati atau baterainya habis, peta tersebut untuk menunjukkan lokasi terakhir iPhone.




3. Cari iPhone Kalian

Jika iPhone kalian sedang online, klik titik tersebut. Untuk mencari iPhone kalian ada tiga opsi yang ditawarkan yaitu:

- Play Sound bisa kalian pilih jika iPhone masih berada dalam jarak yang dekat dengan kalian. Jika memilih opsi ini, iPhone kalian akan memainkan suara untuk membantu kalian menemukannya.

- Lost Mode bisa kalian pilih jika iPhone kalian hilang di suatu tempat dan mungkin ditemukan orang lain. Kalian juga bisa menggunakan opsi ini jika iPhone kalian dicuri oleh seseorang.

Dengan opsi ini, kalian bisa mengunci iPhone kalian dari jarak jauh menggunakan kode kunci ponsel, menampilkan pesan khusus dengan nomor kontak kalian di lock screen, dan melacak lokasi perangkat.

- Erase iPhone bisa dipilih jika kalian khawatir tidak bisa mendapatkan iPhone tersebut kembali. Atau jika kalian khawatir informasi pribadi kalian yang ada di dalam iPhone jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika kalian memilih opsi ini semua informasi yang ada di iPhone kalian akan terhapus, termasuk kartu kredit, debit atau prabayar untuk Apple Pay. Selain itu, kalian juga tidak bisa lagi melacaknya atau mencarinya menggunakan Find My iPhone.

4. Jika iPhone Dalam Keadaan Mati

Jika iPhone kalian yang hilang dalam keadaan mati atau offline, kalian masih bisa menggunakan opsi Find My iPhone di atas. Ketika perangkat kalian online, barulah opsi tersebut bisa dijalankan. Perlu diingat jika kalian menghapus perangkat yang hilang dari akun dalam keadaan offline, semua opsi yang kalian pilih sebelumnya akan dibatalkan.




Simak Video "PlayStation 5: Jeroan SSD hingga Kontroler dengan Teknologi Haptic"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)