Jumat, 28 Jun 2019 15:27 WIB

Cara Login Gmail Mudah via PC dan HP, Gampang dan Anti Ribet!

Puti Yasmin - detikInet
Cara Login Gmail Mudah via PC dan HP, Gampang dan Anti Ribet!/Foto: istimewa
Jakarta - Login gmail (google mail) atau masuk ke akun gmail dibutuhkan pengguna untuk mengakses akunnya. Cara masuknya pun bisa melalui personal computer (PC) dan smartphone.

Gmail sendiri merupakan layanan email yang dimiliki oleh Google. Fasilitas yang diberikan pun sama seperti layanan email pada umumnya.




Berikut cara login gmail mudah melalui PC dan HP:

1. Login Melalui Komputer

Ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk login pada akun gmail melalui komputer. Pertama pengguna harus membuka website melalui alamat gmail.com.

Kemudian, pilih login atau sign in dan masukan informasi akun seperti alamat email atau nomor handphone dan password. Jika sudah terisi, pengguna dapat klik sign in atau masuk.

Namun, jika pengguna ingin masuk dengan akun yang berbeda (different user) maka pengguna bisa memilih use another account.

Sementara itu, pengguna diimbau untuk signout gmail jika login pada komputer umum. Hal ini demi alasan keamanan.

2. Login gmail melalui Android

Terdapat perbedaan bila login gmail melalui handphone berbasis Android dan iPhone.

Pertama, untuk pengguna Android pilih aplikasi gmail untuk dibuka. Kemudian pada bagian di kanan atas, tap gambar profil Anda. Dari pilihan tersebut pilih tambahkan akun lain atau add another account.

Setelahnya, pilih jenis akun apa yang ingin ditambahkan. Terakhir, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar untuk menambah akun.



3. Login Gmail Melalui iPhone

Hampir sama cara login gmail antara Android dan iPhone. Mulanya pengguna membuka aplikasi gmail dan klik bagian di kanan atas, yakni gambar profil kalian dan pilih tambahkan akun lain atau add another account.

Hanya saja, pada iPhone, jika pengguna menggunakan akun iCould maka pengguna perlu memasukkan setelan dan sandi tertentu.

Jika pengguna hanya memeriksa email kantor atau sekolah melalui Outlook atau Windows, pilih opsi Outlook, Hotmail, dan Live. Jika tidak melihat layanan email kalian, maka pilih lainnya atau another.

Terakhir, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk bisa login gmail menggunakan iPhone.


(pay/nwy)