Kamis, 27 Jun 2019 10:11 WIB

10 Tips Optimalkan Spotify yang Belum Banyak Diketahui Orang

Virgina Maulita Putri - detikInet
10 Tips Optimalkan Spotify yang Belum Banyak Diketahui Orang. (Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify) 10 Tips Optimalkan Spotify yang Belum Banyak Diketahui Orang. (Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify)
Jakarta - Spotify adalah layanan streaming musik yang kini sangat populer. Bahkan Spotify termasuk yang paling populer di dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 217 juta.

Namun, buat para penggunanya, apa kalian yakin sudah memanfaatkan aplikasi Spotify semaksimal mungkin? Kalau belum, yuk simak 10 tips optimalkan Spotify yang belum banyak ketahui orang.




1. Bikin Playlist dengan AI

Bikin playlist di Spotify memang sudah biasa. Tapi ada fitur baru bernama "assisted playlisting" yang semakin memudahkan kalian untuk mengisi playlist dengan lagu-lagu favorit kalian. Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Ketika kalian membuat playlist baru, Spotify akan langsung menganalisa kata yang kalian gunakan sebagai judul playlist untuk memberi kalian rekomendasi lagu. Saat kalian memasukkan lagu ke dalam playlist, aplikasinya akan langsung memberikan rekomendasi yang lebih spesifik lagi setelah mempelajari selera musik kalian.

2. Bikin Playlist Bareng

Kalau kalian sedang roadtrip bersama teman-teman atau mengadakan pesta, fitur ini akan sangat berguna sekali. Fitur "collaborative playlist" ini memungkinkan teman-teman kalian untuk memasukkan lagu pilihan mereka ke dalam playlist.

Caranya mudah saja, cukup klik kanan playlist mana saja kemudian pilih opsi Collaborative Playlist. Setelah opsi ini diklik, teman-teman yang telah kalian beri akses bisa menambahkan atau menghapus lagu yang mereka inginkan. Kalau sudah jengah dengan selera musik teman kalian yang jelek, kalian cukup matikan saja opsi ini.

3. Mengembalikan Playlist yang Terhapus

Kalau kalian tidak sengaja menghapus sebuah playlist, tidak perlu khawatir. Spotify mempunyai "hacks" yang memungkinkan kalian untuk mengembalikan playlist yang sudah terhapus dengan cara yang sangat mudah.

Caranya dengan login ke akun kalian di situs Spotify, kemudian masuk ke halaman profil. Di situ kalian akan menemukan tab Recover playlists yang ada di sisi kiri layar. Tinggal pilih playlist yang ingin kalian pulihkan, klik Restore dan playlist kalian akan kembali seperti semula.

4. Saring Tahun Lagu

Kadang band atau musisi kalian punya beberapa tahun tertentu di mana kualitas musik mereka sedang menurun. Kalau kalian tidak ingin mendengarkan periode ini, kalian bisa menggunakan "year" untuk mengubah hasil pencarian.

Misalnya hanya ingin mendengar musik Black Sabbath dari tahun 1970 sampai 1975, kalian cukup cari Black Sabbath di search bar Spotify dan tambahkan "year:1970-1975" tanpa spasi. Nanti pada hasil pencarian akan muncul lagu dan album Black Sabbath yang dirilis antara tahun 1970 dan 1975.

10 Tips Optimalkan Spotify yang Belum Banyak Diketahui Orang10 Tips Optimalkan Spotify yang Belum Banyak Diketahui Orang Foto: detikINET/Irna Prihandini



5. Keyboard Shortcut

Kalau kalian menggunakan aplikasi Spotify di PC, tips ini akan sangat membantu. Kalian bisa dengan mudahnya mengontrol Spotify dengan beberapa tombol di keyboard.

Misalnya untuk memainkan atau mem-pause suatu lagu kalian bisa gunakan tombol Space, untuk pindah ke lagu berikutnya kalian bisa tekan Ctrl+Right di Windows atau Ctrl+Cmd+Right di Mac. Untuk daftar lengkapnya, bisa kalian lihat di sini.

6. Tampilkan di Google Maps dan Waze

Ketika sedang berkendara pasti banyak yang mendengarkan musik agar tidak bosan di perjalanan. Spotify pun kini bisa digunakan dengan dua aplikasi navigasi populer Google Maps dan Waze.

Caranya mudah saja, pastikan smartphone kalian memiliki aplikasi Spotify dan Waze. Setelah itu buka Waze dan klik search bar di bawah, kemudian ikon Settings. Setelah itu tap Spotify dan tap toggle Connect Spotify. Nantinya kalian akan melihat logo Spotify di sudut kanan atas yang bisa kalian klik untuk membuka menu Spotify di dalam Waze.

Sedangkan untuk Google Maps kalian bisa akses menu Settings kemudian Navigation. Kalau kalian menggunakan Android, pilih opsi Show media playback controls atau jika kalian menggunakan iOS pilih opsi Music playback controls. Setelah itu pilih Spotify dan kalian akan bisa mengakses musik Spotify di bagian bawah layar.

7. Fitur Irit Paket Data

Streaming musik tentu akan memakan kuota data yang cukup banyak. Tapi tenang saja, Spotify memiliki fitur Data Saver yang bisa kalian nyalakan untuk menghemat kuota. Spotify mengklaim fitur ini bisa menghemat data hingga 75%.

Fitur ini menghemat data dengan cara meng-cache data dari lagu yang baru dimainkan di smartphone kalian. Untuk mengaktifkannya kalian cukup mengakses Settings di aplikasi mobile Spotify dan cari opsi Data Saver di bagian paling atas.

8. Dengarkan di Web

Kalau kalian menggunakan komputer kantor yang tidak bisa diinstal software, kalian tetap bisa mendengarkan Spotify lewat komputer tersebut kok. Caranya dengan membuka play.spotify.com dan kalian bisa mendengarkan lagu tanpa menginstal aplikasi Spotify.

9. Masukkan Musik yang Tidak Ada di Spotify

Pernah kangen sama sebuah band atau musisi tapi musik mereka tidak ada di Spotify? Gampang saja, kalian bisa menambahkan musik tersebut langsung ke Spotify.

Caranya buka aplikasi desktop Spotify kemudian pilih menu Preferences. Scroll down hingga kalian menemukan opsi Add a Source dan pilih folder tempat musik kalian. Setelah musik ini dimasukkan, kalian bisa melihatnya di bagian Local Files yang ada di sidebar sebelah kiri.

10. Sembunyikan Lagu yang Memalukan

Tidak ingin selera musik kalian yang cenderung "aneh" diketahui orang banyak? Jangan khawatir, kalian bisa sembunyikan di Spotify dengan mengaktifkan fitur Private Session.

Caranya mudah saja, pilih menu Settings, lalu pilih opsi Private Session. Jika fitur ini aktif, tidak ada yang bisa melihat musik apa yang baru saja kalian putar. Fitur ini akan terus aktif kecuali kalian tidak menggunakan Spotify selama enam jam.

(vmp/krs)